5 Benda Umum di Kantor yang Kerap Menjadi Sarang Kuman
kuman di kantor

Antisantikuman Dalam bekerja, berbagi beberapa benda yang kerap digunakan bersama memang praktik yang umum. Namun, siapa sangka benda-benda tersebut ternyata bisa menjadi celah masuknya beragam penyakit karena menjadi sarang kuman. Apalagi jika sudah bicara tentang penyakit menular.

Wah, setelah menyentuh benda yang baru saja dipegang oleh orang yang tengah flu, kemudian tak sengaja menyentuh area wajah dengan tangan, bisa ditebak keesokan harinya virus-virus flu sudah menular dan bersarang, tuh!

Apa saja, sih, benda-benda di kantor yang harus diwaspadai?

Gagang pintu

Rasanya mustahil untuk membuka pintu ruangan bos besar dengan sopan tanpa menggunakan tangan, kan? Bayangkan jika dalam satu hari saja ada lima belas orang yang masuk ke ruangan beliau, ada berapa ribu kuman yang bersarang di sana? Bisa dibilang gagang pintu merupakan hal paling umum dan paling sering digunakan dalam sebuah kantor, tetapi juga yang paling banyak kumannya!

Meja kerja

Akan selalu ada barang di atas meja kerja, entah tumpukan dokumen, alat-alat tulis, atau bahkan mainan yang dibawa dari rumah untuk menemani saat sedang bekerja. Akan tetapi, sering juga terdapat benda-benda asing yang mampir ke atas meja kerja, mulai dari uang, bungkus makanan, ataupun tas seseorang. Meski hanya diletakkan sebentar saja, kuman sudah bisa berpindah, lho! Akibatnya meja kerja pun berubah menjadi tempat perkumpulan kuman.

Printer dan Mesin Fotokopi

Biasanya, untuk alasan penghematan, tidak semua meja memiliki printer. Umumnya dalam satu kantor hanya ada satu mesin fotokopi dan beberapa printer untuk digunakan bersama. Karena banyaknya yang menggunakan benda-benda tersebut, tak heran jika keduanya termasuk dalam benda-benda yang menjadi sarang kuman di kantor.

Alat-Alat Tulis

Pernah tidak saking terburu-burunya jadi tidak sempat membuka laci untuk mencari alat tulis, kemudian berakhir dengan meminjam bolpoin dari kubikel sebelah? Meski tampak remeh, benda-benda kecil semacam ini kerap berpindah tangan tanpa kita ketahui, sehingga kuman yang bersarang di permukaannya pun tak main-main jumlahnya. Wajar, kan?

Rasanya hampir tidak mungkin untuk tidak menggunakan benda-benda yang telah disebutkan di atas. Apalagi jika dalam situasi mendesak dengan rutinitas kantor yang serba buru-buru. Kalau sudah begitu, tak aneh bukan jika ada seseorang yang sedang sakit datang ke kantor, lalu keesokannya seluruh ruangan tertular?

Oleh karena itu, penting sekali untuk sering-sering mencuci tangan, karena kita tak pernah tahu kuman apa saja yang menempel pada benda-benda yang kita sentuh setiap harinya. Selalu siapkan larutan antiseptik seperti Antis untuk mencuci tangan sebelum maupun sesudah beraktivitas agar tetap dapat bekerja dengan aman dan sehat!

Email Print