5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Naik Gunung

Antisantikuman.com – Gunung memiliki pesona, fenomena alam dan keajaiban lainya yang menjadi daya tarik wisatawan, tidak hanya pecinta ketinggian namun saat ini menjadi daya tarik bagi berbagai kalangan masyarakat. Tidak dipungkiri dalam beberapa tahun belakangan ini, mendaki gunung menjadi tren bahkan dikalangan milenial.

Namun tidak semua pendaki membekali dirinya dengan informasi yang baik seperti, persiapan dan perlengkapan sebelum mendaki dan Dampaknya bisa ditebak, kecelakaan pendakian seperti patah kaki, kepala bocor akibat terkena batu, pingsan, kedinginan atau hipotermia, hingga kematian.

Lalu apa yang perlu dipersiapkan untuk memulai suatu pendakian? berikut ini ada 5 hal yang dapat kamu coba ketika kamu memiliki rencana untuk mendaki gunung.

  1. Persiapkan fisik dari jauh-Jauh hari
    Ketika kamu ingin mendaki gunung, persiapkan fisik kamu dari jauh-jauh hari, kamu bisa berolahraga seperti joging, renang atau pergi ke gym, dan pastikan tubuh kamu fit sebelum waktu pendakian, Dan jika tubuh kamu belum fit saat pendakian, lebih baik batalkan karena akan merugikan diri kamu, keluarga dan teman-teman kamu.
  1. Melakukan riset Sederhana lokasi pendakian
    Buat riset sederhana tentang lokasi pendakian, kamu bisa mulai mencari status kawasan, kondisi terkini, kondisi cuaca, syarat serta tata aturan yang berlaku, perizinan. Mendapatkan informasi sebanyak mungkin akan sangat membantu kamu mengenal lokasi pendakian.
  1. Buat daftar checklist barang yang ingin dibawa
    Dari jauh-jauh hari buatlah daftar checklist barang yang ingin dibawa, seperti alat tidur, pakaian, alat tulis, identitas diri, surat jalan, kompor, headlamp atau senter, makanan dan P3K. Kamu bisa mencari list kebutuhan di internet atau bertanya dengan teman kamu yang berpengalaman dalam pendakian,  Setelah dipersiapkan kamu bisa check perlengkapan tersebut dan pastikan perlengkapan dapat berfungsi dengan normal.
  1. Persiapkan P3K & makanan yang bergizi
    Siapkan makanan yang sehat, bergizi, berprotein, berserat dan tinggi kalori untuk kebutuhan harian kamu. Sebisa mungkin hindari membawa makanan yang menimbulkan banyak sampah, pastikan membawa makanan/minuman extra sebagai langkah antisipasi bila terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain makanan kamu dapat membawa obat-obatan terutama obat pribadi jika kamu memiliki penyakit khusus.
  1. Packing barang kamu dengan baik
    Packing dan maksimalkan barang yang kamu bawa dengan baik, kamu bisa membawa barang yang dapat berfungsi ganda agar meringankan beban kamu, pastikan perlengkapan kamu dari makanan, obat dan pakaian dilapisi bahan tahan air sehingga terlindung dari basah akibat hujan, jangan lupa membawa kantong untuk menyimpan sampah yang kamu timbulkan selama aktivitas pendakian.
Email Print