5 Makanan yang Wajib Ada Ketika Lebaran
5 makanan khas lebaran

Antisantikuman.com – Hari lebaran adalah hari yang sangat dinantikan oleh umat muslim, hari lebaran adalah moment yang tepat untuk kumpul bersama keluarga, namun disaat masa pandemi virus Covid-19 ini, banyak masyarakat yang tidak dapat berkumpul langsung dengan keluarga di kampung halaman, namun kegiatan silahturahmi tetap bisa dilakukan menggunakan media online seperti aplikasi Whatsapp, Skype, Zoom dan lainya. Salah satu yang khas pada hari lebaran adalah makanannya, berikut ini adalah 5 makanan yang wajib ketika lebaran tiba.

  1. Ketupat
    Bisa dibilang lebaran tidak lengkap jika tidak adannya ketupat, hal ini sudah menjadi kebiasaan umat muslim di Indonesia untuk menyantap makanan yang terbuat dari beras dan dibungkus dari anyaman daun kelapa muda, biasanya makanan ini dimakan dengan kuah santan serta ditambah makanan lain seperti opor ayam atau daging.
  2. Opor Ayam
    Hidangan satu ini adalah hidangan yang sering disandingkan bersama ketupat, hidangan ini terbuat dari potongan ayam lalu dimasak dengan santan serta ditambah bumbu rempah-rempah khas Indonesia. Daging ayam terasa empuk ditambah gurihnya kuah membuat nikmat begitu terasa dilidah.
  3. Sambal Goreng Kentang
    Sajian khas lainnya adalah sambal goreng kentang, makanan ini terdiri dari kentang yang dipotong dengan bentuk dadu ditambah hati dan ampela sapi serta petai dan wortel lalu diolah menggunakan bumbu rempah pilihan. Rasa pedasnya sangat cocok dipadukan dengan makanan lain seperti ketupat dan opor ayam.
  4. Rendang
    Kamu tahu rendang kan? pasti tahu ya, makanan khas dari Sumatera Barat ini adalah makanan yang lezat bahkan kelezatannya sudah diakui oleh dunia internasional, makanan ini dibuat dari potongan daging sapi yang diolah dengan santan kental serta bumbu-bumbu rempah pilihan.
  5. Kue – Kue Kering
    Selain makanan-makanan berat diatas, kue-kue kering adalah makanan cemilan yang khas dan selalu ada di hari lebaran, kue-kue kering yang sering muncul disaat lebaran diantaranya adalah kue nastar, kue putri salju, kue kacang, kue choco cookies, soes kering dll.

Itulah 5 makanan khas yang ada disaat hari lebaran, namun sebelum menyantap makanan-makanan tersebut jangan lupa untuk cuci tangan ya bisa menggunakan air mengalir dengan sabun atau dengan menggunakan hand sanitizer Antis Anti Kuman.

Email Print