7 Makanan Murah tapi Sehat dan Bikin Kenyang
makanan sehat

Tidak semua makanan murah itu tidak baik bagi kesehatan. Karena pada kenyataannya, protein yang terkandung pada daging yang di jual di supermarket sama dengan kandungan protein pada daging yang di jual pada pasar tradisional. Lagi pula, pencernaan pada tubuh kita juga tidak bisa membedakan mana makanan dengan harga mahal dan mana makanan dengan harga murah. Jadi, tidak masalah jika memakan makanan dengan harga murah asalkan dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Lantas, apa saja makanan murah yang bikin kenyang dan sehat bagi tubuh?

Inilah 7 Makanan Murah Paling Bisa Bikin Kenyang Dan Sehat Bagi Tubuh

Memakan makanan yang murah bukan berarti tidak baik. Rasa yang tidak kalah lezat juga dapat dinikmati dari makanan yang murah. Makanan yang dijaga tingkat kebersihannya, meskipun harganya murah tetap bisa memenuhi kebutuhan gizi tubuhmu. Berikut ini beberapa menu makanan murah, sehat, dan bikin kenyang yang bisa Kamu coba.

  1. Gado-Gado

Siapa sih yang tidak kenal dengan gado-gado? Makanan khas daerah Betawi ini sudah cukup terkenal dan banyak yang menggemarinya. Gado-gado juga bisa dibilang makanan yang cukup sehat. Karena isiannya yang penuh dengan berbagai macam sayur mayur, seperti tauge, timun, kacang panjang, kangkung, wortel, belum lagi ditambah dengan lontong sebagai sumber karbohidrat, kemudian di siram dengan bumbu kacang yang jelas menambah kenikmatan makanan yang satu ini. Gado-gado biasanya dijual dengan harga Rp10.000,- saja per porsi, tapi akan lebih murah lagi jika Kamu membuatnya sendiri.

  1. Smoothies

Buat para penggemar pisang, tapi bosan dengan cara makan yang gitu-gitu aja, buat saja smoothies. Cara membuatnya juga gampang banget. Cukup siapkan pisang, kemudian blender dengan berbagai macam buah atau sayuran tambahan sesuai selera. Beri taburan almond atau kismis di atasnya. Smoothies segar siap untuk dinikmati dan bisa memenuhi nutrisi harianmu.

  1. Salad Sayur

Salad merupakan salah satu menu makanan sehat yang perlu untuk dicoba. Salad juga termasuk makanan yang rendah kolesterol, karena bahan yang digunakan tidak ada yang di goreng. Di dalam salad sayur biasanya terdapat kol, selada, sawi, tomat dan sayuran lainnya yang masih mentah. Untuk menambahkan kenikmatan bisa juga di tambah dengan sedikit mayones dan lemon.

  1. Salad B uah

Selain salad sayur ada juga salad buah, cara buatnya juga tak kalah gampang dengan membuat salad buah. Cukup siapkan berbagai macam buah-buahan, seperti apel, pepaya, anggur, pir, mangga, melon dan buah lainnya. Kemudian potong kecil-kecil buah-buahan yang sudah disiapkan dan beri mayones di atasnya, salad buah siap dinikmati. Menu salad memang paling cocok dijadikan sebagai camilan yang sehat karena kaya akan kandungan vitamin dan juga serat.

  1. Lotek

Lotek tidak kalah enak dengan gado-gado, yang membedakan makanan yang satu ini dengan gado-gado yaitu sayuran yang digunakan masih mentah, seperti tomat, timun dan kol. Bumbu kacang yang digunakan juga berbeda, karena lotek biasanya menggunakan kencur sebagai bahan campurannya. Harga jual makanan yang satu ini juga tergolong murah, biasanya dijual dengan harga Rp10.000,- per porsinya.

  1. Capcay

Capcay juga merupakan salah satu menu makanan sehat. Makanan yang satu ini berasal dari daerah Tiongkok, tapi sudah sangat terkenal di Indonesia. Capcay biasanya terdiri dari berbagai macam sayuran, seperti sawi putih, wortel, kol yang ditambah dengan campuran bakso ikan atau bisa juga ditambah dengan telur. Bahan-bahan tersebut kemudian dimasak menggunakan bumbu seperti garam, merica, bawang putih dan jug saus tiram. Capcay juga terdapat dua macam, yaitu capcay kuah dan capcay goreng. Nah, membedakan antara satu sama lain yaitu adanya kuah atau tidak.

  1. Sup sayur

Makanan sehat yang paling sering tersedia di meja makan orang Indonesia adalah sup sayur. Sup sayur biasanya berisi wortel, kentang, kol, dan masih banyak lagi, kemudian di rebus menjadi satu di dalam kuah kaldu. Sup sayur biasanya dinikmati dengan nasi dan berbagai macam lauk-pauk lainnya yang dijamin bakalan menambah kenikmatannya.

Itulah beberapa menu makanan yang dijamin sehat, murah, dan tentunya bakal bikin perutmu kenyang. Bahan-bahan yang digunakan juga cukup mudah ditemukan di pasar tradisional. Cara buatnya yang mudah, bisa menjadikan menu makanan tersebut patut untuk dicoba.

Jangan lupa, sebelum makan cuci tangan dulu supaya terhindar dari bakteri, kuman dan juga virus. Kalau tidak ada air dan sabun, kamu bisa membersihkan tangan menggunakan Antis Hand Sanitizer.

Email Print