8 Skill yang Dibutuhkan di Era Digital
skill era digital freelance

Kecanggihan teknologi, dapat memudahkan dan mempercepat suatu pekerjaan. Di kota besar, hal yang dilakukan oleh manusia mulai banyak tergantikan dengan mesin. Angka pengangguran semakin meningkat ditambah dengan jumlah penduduk yang bertambah setiap tahunnya.

Lapangan kerja yang terbatas, memaksa para pejuang pencari lowongan kerja harus memiliki skill di bidang teknologi. Kenapa hal tersebut sangat diperlukan? Karena, untuk memperoleh pekerjaan di era modern, banyak perusahaan yang menggunakan teknologi mutakhir untuk menjalankan bisnis mereka. Berikut akan dibahas beberapa skill yang perlu dipelajari di era digital.

8 Skill yang Dibutuhkan Pada Era Digital Ini Bisa Kamu Pelajari Lewat Autodidak

Autodidak memiliki arti yaitu orang yang mendapat keahlian dengan belajar sendiri. Belajar sendiri dapat memberikan keuntungan baik dari segi finansial maupun waktu. Akan tetapi, untuk mahir atau menjadi ahli di bidang tersebut, dibutuhkan proses pembelajaran yang lebih lama dibandingkan dengan orang yang mempelajarinya melalui lembaga atau tempat kursus.

Nah, berikut beberapa skill yang wajib Kamu kuasai di era digital dan bisa dipelajari secara autodidak

  1. Bahasa Inggris

Salah satu bahasa yang dapat digunakan di negara mana pun, termasuk kedalam bahasa penting yang wajib dimiliki oleh para pencari kerja di Indonesia. Seseorang yang memiliki kemampuan berbahasa inggris, akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan klien maupun melakukan berbagai pekerjaan lainnya yang berkaitan dengan negara lain.

  1. Pemrograman

Coding atau kode pemrograman adalah bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah program atau aplikasi di era digital. Berbeda dengan bahasa yang biasa digunakan dalam aktivitas sehari-hari, coding berisi angka, tulisan hingga tanda penulisan tertentu seperti tanda kutip, tanda kurung buka dan sebagainya. Kerumitan proses menyusun kode-kode ini, menjadi nilai tambah yang sangat berarti bagi orang yang memiliki skill dalam bidang pemrograman.

  1. Pengoperasian adobe photoshop

Aplikasi adobe photoshop sangat dibutuhkan untuk mereka yang melakukan pekerjaan berkaitan dengan seni. Seni mengubah sebuah foto atau membuat logo perusahaan, masuk kedalam kategori skill yang paling menjual dan berguna di era digital.

Adobe photoshop merupakan salah satu aplikasi dasar dalam dunia editing yang wajib dikuasai oleh para editor. Aplikasi lainnya yang mendukung untuk edit foto, diantaranya yaitu Coreldraw, PicsArt, VSCO, dan masih banyak aplikasi lain yang dapat kalian temukan melalui Google Playstore atau kaset berbayar aplikasi tertentu.

  1. Menulis

Skill menulis terlihat biasa saja bahkan jauh dari kata istimewa untuk sebagian besar kalangan masyarakat. Pada umumnya, masyarakat di Indonesia berfikir jika seseorang dapat membaca sudah pasti orang tersebut juga bisa menulis. Memang hal tersebut benar, akan tetapi menulis yang dimaksud bukan sekedar menyalin sebuah tulisan, tapi tulisan yang dapat menarik hati banyak orang.

Untuk membuat tulisan seperti ini, seorang penulis wajib memiliki kemampuan berbahasa yang baik serta beragam ide baru di setiap tulisannya. Karena, melalui tulisan seseorang dapat mengiklankan jasa yang ditawarkan ataupun mengiklankan sebuah produk yang dijual ke khalayak umum.

  1. Video grafis

Kemampuan video grafis berhubungan erat dengan pengoperasian adobe photoshop. Aplikasi yang sering digunakan dalam mendesain sebuah video, antara lain: Sonyvegas, Adobe Premier Pro, KineMaster, dan aplikasi menarik lainnya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat dioperasikan melalui PC, atau ponsel kesayangan kalian.

  1. Fotografi

Seni pemotretan, membutuhkan seseorang yang memiliki kemampuan pengambilan gambar ataupun video yang mumpuni. Selain analisa yang tepat saat memotret sebuah lokasi ataupun objek tertentu, kamera DSLR menjadi persyaratan penting untuk menunjukkan profesionalitas kalian kepada klien.

  1. Negosiasi

Skill lainnya adalah negosiasi. Kemampuan negosiasi yang baik akan menciptakan hubungan kerjasama yang baik diantara kedua belah pihak. Skill ini, berkaitan erat dengan bahasa maupun keahlian seseorang dalam membaca isyarat tubuh dari orang lain, terutama klien yang sedang dihadapi.

  1. Penguasaan Microsoft office

Di era digital, penggunaan Microsoft office menjadi salah satu hal yang wajib dikuasai oleh siapa pun. Tidak hanya para pekerja, mereka yang masih duduk di bangku sekolah juga harus bisa mengoperasikan program Microsoft. Microsoft word, excel dan power point merupakan bagian dari keseluruhan program yang dimiliki oleh Microsoft.

Itulah 8 kemampuan yang harus Kamu miliki di era serba modern saat ini. Hal ini mengingat bahwa kini kemajuan teknologi sangat pesat, sehingga semua perusahaan pasti mencari kandidat yang memiliki skill dan cepat beradaptasi dengan dunia digital yang selalu berevolusi ini.

Email Print