Agar Bekal Awet saat Traveling
agar bekal awet saat traveling

Membawa bekal saat pergi traveling tentu dapat menghemat pengeluaran kamu. Karena, ketika kamu dalam perjalanan jauh rasa lapar dapat menyerang kapan saja. Jika sudah begini, hanya ada satu opsi yaitu jajan. Namun, hal itu tidak akan terjadi jika kamu sudah mempersiapkan bekal dari rumah. Sebagian orang juga masih meremehkan keberadaan bekal yang cukup saat traveling. Membawa bekal ketika traveling seringkali dianggap merepotkan bagi sebagian orang. Pertama mereka harus memikirkan dimana bekal akan diletakan kemudian mereka juga harus memikirkan bagaimana menyimpan persediaan bekal agar tidak mudah basi. Karena akan menjadi sia-sia jika bekal yang dibawa busuk atau basi di tengah perjalanan. Oleh karena itu kami coba rangkumkan, beberapa cara agar bekal yang kamu bawa untuk traveling dapat terjaga dan tetap awet.

  • Pilih Menu yang Praktis
    Ketika kamu pergi traveling, pilihlah bekal yang praktis seperti misalnya, ayam goreng, sosis, nugget atau buah-buahan dan lain sebagainya. Semakin praktis bekal yang kamu bawa, maka akan semakin baik. Karena jika membawa bekal yang kurang praktis seperti sayur berkuah hanya akan merepotkan kamu saat ingin mulai mengkonsumsinya.
  • Manfaatkan Garam Sebagai Pengawet Alami
    Garam dapat dijadikan sebagai pengawet alami. Sifat garam dapur adalah higroskopis atau menyerap air, sehingga adanya garam akan menyebabkan sel-sel mikroorganisme mati karena dehidrasi. Garam dapur juga dapat menghambat dan menghentikan reaksi autolisis yang dapat mematikan bakteri yang ada di dalam bahan pangan. Oleh karena itu, untuk beberapa makanan kamu boleh coba untuk menambahkan penggunaan garam agar makanan kamu tetap awet walau harus menempuh waktu perjalanan yang cukup lama.
  • Biarkan Terbuka Saat Panas
    Menutup makanan saat dalam kondisi panas, akan membuat makanan menjadi mudah basi. Makanan yang masih panas atau yang baru matang masih akan mengeluarkan asap yang jika wadahnya langsung ditutup, asap ini kemudian akan berubah jadi air dan membasahi makanan sehingga makanan bisa jadi cepat basi.
  • Gunakan Alumunium Foil
    Jika wadah yang kamu bawa sudah tidak mencukupi untuk membawa bekal, kamu bisa menggantinya dengan alumunium foil. Alumunium foil akan menjaga makanan kamu tetap segar meski sudah memakan waktu lama sejak makann tersebut dibungkus. Makanan seperti roti, nasi, kentang dan sebagainya, dapat kamu bungkus menggunakan alumunium foil agar lebih praktis. Penggunaan alumunium foil yang hanya sekali pakai tinggal dibuang akan semakin memudahkan kamu ketika pergi traveling.

Itulah beberapa tips untuk membawa bekal ketika sedang pergi traveling. Intinya adalah kepraktisan menjadi kunci dalam membawa bekal makanan. Hal ini tentunya agar memudahkan kamu ketika pergi traveling. Selain menghemat pengeluaran, membawa bekal ketika traveling juga dapat membantu kamu ketika perut kamu mulai keroncongan dalam kondisi yang tidak memungkinkan. Selain itu, untuk melengkapi perjalanan travelling kalian, sediakan juga pembersih tangan untuk menghindari kuman dan bakteri ya!

Baca juga : Pola Hidup Sehat Untuk Anak Kost

Email Print