Ajarkan Si Kecil Selalu Cuci Tangan Agar Terhindar Dari Virus Corona

Antis Di tengah kondisi pandemi virus corona saat ini, cuci tangan menjadi salah satu cara untuk terhindar dari virus corona. Mungkin kamu sudah tau bagaimana cuci tangan dengan benar, tapi bagaimana dengan buah hati mu? Sudahkah mereka diajarkan cuci tangan dengan benar?

Meskipun gerakannya terdengar sepele, namun tidak semudah yang kamu kira loh. Cuci tangan dengan benar dapat menjaga tangan si kecil dari kuman – kuman penyebab penyakit.

Banyak sekali penyakit mulai dari ringan hingga berbahaya yang bisa menular melalui sentuhan. Oleh karena itu, selalu ajarkan anak kamu untuk selalu cuci tangan dengan benar sehabis menyentuh apapun.

Aktivitas seperti bermain, berinteraksi dengan teman, menggunakan alat tulis, menyentuh barang lainnya bisa menjadi perantara bakteri atau virus yang berisiko menularkan penyakit pada Si Kecil. Jika tidak sadar, hanya dengan menyentuh wajah entah itu bagian mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang tidak bersih, anak kamu bisa langsung terinfeksi.

Mengajarkan Si Kecil Cuci Tangan yang Benar

Jaga Kesehatan anak kamu dengan mengajarinya cuci tangan dengan benar. Berikut caranya:

  • Basuh tangan dengan air mengalir.
  • Siapkan juga sabun untuk Si Kecil, karena air saja tidak cukup untuk membasmi kuman atau virus. Sabun biasa juga sudah cukup.
  • Ajarkan mereka untuk menggosokkan tangannya hingga bersih selama 20 detik. Kamu bisa mengajak Si Kecil untuk sambil bernyanyi supaya mereka tidak bosan.
  • Bersihkan kedua telapak dan punggung tangan, sela-sela jari, di bawah kuku, hingga pergelangan tangannya.
  • Jika sudah, bilas tangan hingga bersih dari sabun. Lalu keringkan tangan dengan lap, handuk kering, atau bisa juga menggunakan tisu. Jika sedang di tempat umum, sebaiknya hindarkan pengering tangan, karena pengering tangan bisa meningkatkan jumlah bakteri atau kuman di tangan.

Kapan Sebaiknya Si Kecil Cuci Tangan?

Sekarang kamu sudah tau bagaimana cara mengajarkan Si Kecil cuci tangan dengan benar, kini saatnya kamu harus mengetahui kapan Si Kecil harus mencuci tangannya:

  • Selalu ingatkan dan ajak anak kamu untuk mencuci tangannya setelah mereka bermain di luar rumah.
  • Begitu juga sebelum makan, ajarkan Si Kecil untuk selalu cuci tangan sebelum makan.
  • Pada musim pilek dan flu, virus penyebab flu dapat beterbangan di ruangan dan dapat dengan mudah menginfeksi anak kamu. Jadi, ingatkan anak kamu untuk rajin cuci tangan untuk menurunkan risiko terinfeksi.
  • Walau kelihatannya wangi dan bersih, tidak menutup kemungkinan masih banyak bakteri di dalam toilet. Jadi, penting bagi kamu dan Si Kecil untuk mencuci tangan setelah selesai dari toilet. Agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Selain hal di atas, kamu juga perlu mengingatkan anak mu untuk mencuci tangannya setelah memberi makan hewan, menyentuh hewan, sebelum atau sesudah menjenguk orang sakit, setelah membuang sampah, dan setelah batuk atau bersin.

Menyayangi anak dapat kamu lakukan dengan banyak cara. Tidak selalu memberikan bermacan mainan yang mereka sukai dan makanan favorit mereka. Kamu juga perlu memerhatikan kebersihan tangannya agar tidak mudah terkena penyakit.

Selalu ajarkan Si Kecil untuk cuci tangan dengan bersih dan benar, supaya mereka terbiasa dan kesehatannya pun terjaga. Siapkan anak mu Antis Hand Sanitizer saat pergi ke sekolah untuk menjaga tangannya tetap bersih jika tidak ada air dan sabun.

Email Print