Apa Beda Antara Virus dan Bakteri?
beda antara virus dan bakteri

Antisantikuman Dalam situasi yang serba tidak pasti ini, dengan adanya wabah coronavirus yang sudah menjadi pandemi dan sebagainya, istilah virus dan bakteri mungkin sering kali mampir di telinga. Keduanya memang perlu mendapatkan perhatian khusus, karena jika tidak waspada, virus dan bakteri dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Namun, meski sama-sama menyimpan ancaman bagi kesehatan, tapi ternyata ada beda antara virus dan bakteri, lho!

Apa itu virus?

Karena dapat menyebabkan bermacam-macam penyakit, virus kerap dianggap sebagai makhluk hidup berukuran sangat kecil. Padahal, virus sebenarnya bukanlah makhluk hidup. Itulah mengapa ketika kita terjangkit virus tertentu, penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut dapat kambuh kembali, karena virus tidak bisa mati, tetapi obat-obatan yang tepat dapat membuatnya tidak aktif sehingga gejala penyakit yang disebabkannya pun dapat dihilangkan.

Virus berukuran sangat kecil, sehingga hanya bisa dilihat menggunakan mikroskop elektron. Meski bukan makhluk hidup, virus dapat berkembang biak saat menempel pada makhluk hidup. Itulah mengapa kita harus menjaga daya tahan tubuh serta kebersihan lingkungan agar virus tidak masuk ke dalam tubuh dan berkembang biak.

Bagaimana dengan bakteri?

Berbeda dengan virus, bakteri merupakan makhluk hidup, sehingga dapat dibunuh dengan mengonsumsi antibiotik secara teratur. Namun, karena merupakan makhluk hidup, bakteri juga memiliki sistem imun. Itulah mengapa kita sebaiknya mengonsumsi antibiotik hanya sesuai dengan anjuran dokter, agar bakteri jahat di dalam tubuh kita tidak membangun kekebalan terhadap antibiotik yang dikonsumsi asal-asalan.

Ukuran bakteri juga sedikit lebih besar daripada virus, sehingga kita dapat melihat bakteri hanya dengan menggunakan mikroskop cahaya yang lebih sederhana dibanding mikroskop elektron. Meskipun demikian, ukurannya masih cukup kecil sehingga tak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Rajin mencuci tangan merupakan cara yang bisa dilakukan untuk memastikan bakteri tidak masuk ke dalam tubuh. Jika perlu, gunakan Antis yang tidak hanya dapat membunuh bakteri, tetapi juga mampu membuat virus tidak lagi menempel di tangan. Antis dibuat dari bahan-bahan alami sehingga tidak lengket saat digunakan dan tidak berbahaya untuk tubuh.

Email Print