Apa Saja Bakteri Dalam Makanan yang Bisa Membuat Kamu Sakit

Ternyata makanan tak sepenuhnya mendatangkan nutrisi, apalagi jika makanan tersebut tidak diolah dengan baik. Beberapa di antaranya mengandung bakteri yang bisa menyebabkan penyakit. Apa saja bakteri dalam makanan yang bisa menyebabkan penyakit?

  1. Campylobacter

Campylobacter sebenarnya adalah bakteri yang tumbuh pada ayam dan sapi. Jika kamu terinfeksi bakteri ini, kamu bisa mengalami diare, perut kram dan nyeri serta demam dalam waktu 2-5 hari. Sebenarnya ini adalah kasus infeksi ringan, namun bisa berakibat fatal bagi anak-anak. Untuk itu, kamu bisa memasak daging hingga benar-benar matang, memastikan tangan higienis dengan Antis Hand Sanitizer, serta memastikan peralatan masak higienis.

  1. Listeria

Bakteri ini ditemukan di dalam tanah dan air, serta dalam makanan. Bakteri ini bisa tumbuh dan berkembang biak meskipun dalam suhu dingin kulkas. Bakteri ini bisa menyebabkanmu demam, menggigil, sakit kepala hingga muntah. Bisa berakibat lebih parah jika menginfeksi wanita hamil atau lansia, dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Untuk mencegahnya, kamu perlu mencuci sayur dan buah sampai bersih sebelum dikonsumsi serta bersihkan cairan daging tumpah di kulkas.

  1. Vibrio

Bakteri ini hidup di air asin, dan sering ditemukan dalam makanan laut mentah. Untuk itu kamu wajib berhati-hati ya saat makan seafood di pinggir jalan yang rawan tidak higienis. Kamu bisa diare, dengan perut kram, demam, selama kurang lebih tiga hari. Kalau kamu masak seafood sendiri, cucilah yang bersih dan masak yang matang ya.

  1. Salmonella

Biasa ditemukan di dalam ungags, telur hingga daging sapi. Bakteri ini cennderung menginfeksi mereka yang punya sistem imun yang lemah seperti anak di bawah usia 5 tahun. Jika tidak segera ditangani, bakteri ini bisa menular melalui darah ke organ lain yang berisiko menyebabkan kematian.

  1. Norovirus

Tipe ini bisa menyebabkan gastroenteritis, yang berakibat pada peradangan lambung dan usus. Selain ditemukan pada makanan atau minuman yang terkontaminasi, bisa juga meyebar melalui kontak dengan orang yang terinfeksi. Mulai dari mual, muntah, diare hingga kelelahan adalah beberapa gejala infeksinya.

Masih banyak lagi bakteri-bakteri yang mungkin ada di makanan atau minuman kamu. Untuk itu, kamu wajib memastikan makanan tersebut diolah dengan baik dan meminimalisir bakteri dan kuman masuk ke dalam tubuh melalui tangan. Gunakan Antis Hand Sanitizer sebelum melakukan aktivitas dan 99% kuman akan mati deh!

Email Print