Apa Saja Dampak Buruk Akibat Makan Tidak Teratur?

Apakah kamu sering melewatkan sarapan? Atau menunda makan siang saking sibuknya? Atau sering begadang sehingga makan malam di atas jam 12 malam? Ini sebenarnya merupakan kebiasaan buruk yang bisa berdampak pada kesehatan tubuh. Pola makan yang tidak teratur bisa membuatmu memiliki risiko obesitas, tekanan darah tinggi hingga diabetes. Tubuh sebenarnya sudah memiliki jam biologis sendiri kapan harus istirahat dan kapan harus bermetabolisme.

Sebenarnya seperti apa dampak buruk dari pola makan yang tidak teratur ini? Cek yuk beberapa poin di bawah ini:

  1. Mengganggu pencernaan

Makan yang tidak teratur sebenarnya bisa mengganggu efek termal dari makan yang dikonsumsi, yang merupakan energi untuk mencerna dan menyerap makanan. Sistem pencernaan ibarat mesin yang punya jam teratur untuk mengolah makanan, sehingga asupan energi dari makanan pun juga perlu teratur.

  1. Perubahan hormon

Makan yang tidak teratur menyebabkan hormon menjadi tidak seimbang karena di saat kamu melewatkan makan atau menunda makan, hormon kortisol akan meningkat dan menyebabkan peningkatan pada berat badan.  Ada risiko terjadinya obesitas karena penumpukan lemak yang tinggi di dalam tubuh. Hal ini terjadi karena ritme tubuh yang mengatur tentang sinyal lapar dan kenyang menjadi berantakan dan terganggu fungsinya.

  1. Peningkatan kadar gula darah

Makan tidak teratur juga berakibat pada peningkatan kadar glukosa dalam tubuh sehingga ada resistensi insulin dalam tubuh. Inilah yang kemudian disebut sebagai peningkatan kadar gula darah.

  1. Kram perut

Biasanya kram perut terjadi karena penyakit lambung. Biasanya pola makan tidak teratur sering menyebabkan kram pada perut karena kamu membuat perut kosong dalam waktu yang lama. Alhasil perut akan mengeluarkan gas berlebih yang disertai dengan rasa nyeri. Duh seram ya.

  1. Terbiasa melewatkan waktu makan

Jika kamu membiarkan makan tidak teratur terus menerus, maka ini bisa menjadi kebiasaan yang akan terus terjadi. Alhasil tubuh akan terganggu secara keseluruhan.

Banyak kan ya dampak buruk karena makan tidak teratur. Untuk itu, yuk atur kembali pola makanmu. Perhatikan juga kebersihan tangan sebelum dan sesudah makan, kamu bisa menggunakan Antis Hand Sanitizer untuk mengurangi risiko kuman masuk ke tubuh melalui tangan. Mari hidup sehat!

Email Print