Apa Saja Sih Kebiasaan Mahasiswa Yang Wajib Dihilangkan?

Masa kuliah memang sering dianggap sebagai masa belajar sebelum memasuki dunia yang lebih nyata, yaitu dunia kerja. Untuk itu masa kuliah menjadi sangat penting, khususnya dalam menempa jati diri menjadi lebih matang lagi. Tentunya masa kuliah dan masa sekolah sangat berbeda. Di dalam dunia perkuliahan kamu lebih banyak tugas, bersosialisasi, berorganisasi dan sebagainya.

Tak semua mahasiswa mempunyai kebiasaan yang positif di masa kuliah. Ada juga kebiasaan-kebiasaan yang buruk, yang sebaiknya dihilangkan sebelum kamu memasuki dunia kerja. Apa saja contohnya?

  1. Bangun siang

Bangun siang sebenarnya terlihat sebagai masalah yang sepele, namun jika kebiasaan ini terus dianggap wajar, maka ini akan menimbulkan masalah saat kamu bekerja. Bangun siang yang dianggap kebiasaan akan membuat kamu terjebak dalam rasa malas yang sulit diperbaiki. Terbiasalah memulai aktivitas lebih pagi, agar kamu lebih bisa mempersiapkan semuanya dengan matang.

  1. SKS

SKS yang dimaksud di sini adalah sistem kebut semalam. Mahasiswa sering memaklumi bahwa SKS adalah metode yang biasa dilakukan. Padahal, membiasakan mengerjakan sesuatu dengan SKS membuat kamu tidak berkembang dan tidak terbuka pada kesempatan yang lebih baik. Misalnya saja, kamu terbiasa untuk SKS dan ternyata di hari itu kamu berhalangan untuk mengerjakan, pasti pekerjaanmu akan menjadi kacau.

  1. Malas membaca

Kemajuan teknologi di satu sisi punya dampak negatif, yaitu membuat orang untuk malas membaca karena informasi bisa didapatkan dengan instan. Mereka lebih suka mencari referensi di internet daripada repot mencarinya di perpustakaan. Hal ini tentu tidak baik, karena dengan malas membaca berarti pengetahuan yang kamu miliki akan tidak akan bertambah banyak.

  1. Mudah menyebarkan berita hoax

Percaya atau tidak, kebiasaan ini banyak terjadi di mahasiswa. Mudahnya membagikan berita tanpa melakukan verifikasi membuat berita hoax cepat tersebar. Sebagai akademisi, kamu harusnya bisa melakukan double cross-check pada informasi yang kamu terima.

  1. Aktif berkegiatan namun kurang memperhatikan kesehatan

Mahasiswa zaman sekarang banyak sekali kegiatannya. Selain berorganisasi di kampus, mahasiswa sekarang juga banyak yang melakukan pekerjaan paruh waktu, dan sebagainya. Banyaknya kegiatan membuat mereka harus berinteraksi dengan banyak hal dan di situlah kuman masuk. Untuk menghilangkan risiko ini, kamu cukup setia menggunakan Antis Hand Sanitizer untuk mencegah kuman masuk ke tubuh melalui tangan.

Menurutmu, apalagi kebiasaan buruk mahasiswa yang perlu dihilangkan? Dengan artikel ini, semoga kamu bisa mulai menghilangkan satu dua poin kebiasaan buruk. Yuk bagikan artikel ini di media sosial kamu.

Email Print