Apa Saja Sih Kuliner Khas Pulau Kalimantan Yang Perlu Kamu Coba?

Calon ibukota Indonesia yang baru ini ternyata punya keunikan sendiri. Budayanya yang masih kental, hutannya yang merupakan paru-paru Indonesia hingga kulinernya yang lezat membuat Kalimantan merupakan pulau yang istimewa. Berbeda dengan kuliner-kuliner yang ada di pulau Jawa, Kalimantan menawarkan kuliner yang punya citarasa yang khas. Apa saja kuliner Kalimantan yang perlu kamu coba?

  1. Soto Banjar

Soto Banjar adalah kuliner yang paling dikenal karena bisa kamu dapatkan di mana saja. Soto yang terkenal dengan kuah bening agak keruh ini disajikan dengan menggunakan ketupat. Soto ini cukup segar, biasanya disajikan dengan suwiran daging ayam, rebusan telur hingga potongan wortel.

  1. Ketupat Kandangan

Berasal dari daerah Kandangan, ketupat ini menggunakan ikan gabus sebagai menu pelengkap. Penggunaan bumbu tradisionalnya juga cukup kuat seperti kayu manis, pala, cengkeh dan kapulaga.

  1. Chai Kue

Jarang mendengar nama Chai Kue? Nama lainnya adalah Choi Pan, kuliner Tionghoa asal Kalimantan Barat. Mirip pastel, tapi pengolahannya berbeda karena harus dikukus sebelum disajikan. Kulitnya terbuat dari tepung beras sementara isinya bisa berupa bengkoang, talas hingga kucai.

  1. Manday

Mirip dengan gudeg dari Jogja, namun Manday menggunakan cempedak karena memiliki citarasa yang khas. Sebelumnya cempedak diawetkan menggunakan garam, lalu dicampur dengan rempah-rempah sebelum digoreng. Wah, kalau belum sempat mencoba yang satu ini, sebaiknya kamu coba deh!

  1. Patin Baubar

Kuliner ini berbahan dasar ikan patin yang diolah dengan cara dibakar. Bumbu rempah-rempah yang diberikan sebelum dibakar membuat Patin Baubar ini lebih harum dan rasanya kuat. Makanan ini cocok dinikmati dengan nasi hangat dan sambal.

  1. Gangan Humbut

Yang satu ini pasti cukup asing di telinga kamu. Gangan Humbut pada dasarnya menggunakan nyiur atau inti pohon kelapa. Sayuran ini sangat lezat sehingga sering menjadi kuliner wajib di acara adat tertentu.

Itu dia beberapa kuliner khas Kalimantan yang perlu kamu coba. Yuk bersihkan tangan dengan Antis Hand Sanitizer sebelum mencicipi kuliner nikmat ini. Dijamin ketagihan deh!

Email Print