Apa Saja Sih Yang Harus Dibawa Saat Hiking

Naik gunung bukan sebuah aktivitas yang mudah. Selain harus mempersiapkan fisik untuk segala kondisi di gunung, kamu juga perlu untuk mempersiapkan perlengkapan yang diperlukan. Sebab jika persiapan kamu tidak matang untuk mendaki gunung, kamu tidak mungkin kembali ke rumah untuk mengambil peralatan, kan? Untuk itu, Antis akan membantumu membuat list apa saja yang harus dipersiapkan saat mendaki gunung.

  1. Sepatu hiking

Berbeda dengan sepatu yang kamu gunakan sehari-hari, sepatu hiking memang didesain khusus untuk kegiatan outdoor. Perbedaannya jelas ada pada material yang digunakan hingga sol sepatu. Tujuannya adalah supaya kuat digunakan dan tahan terhadap segala cuaca serta melindungi kaki.

  1. Backpack

Gunakan tas gunung yang tahan air, tidak makan tempat namun mampu memuat banyak barang. Cari juga tas gunung yang nyaman untuk digunakan. Saran tambahan, cobalah untuk menggunakan tas gunung yang berwarna cerah, agar mudah terlihat saat berada di hutan.

  1. Peta/kompas

Karena gunung sering tidak ada petunjuk arah untuk menunjukkan posisimu, maka kamu perlu membawa peta dan kompas. Tujuannya adalah agar kamu mampu mencari spot camping dan sumber air.

  1. Makanan dan air cadangan

Kamu harus membawa makanan lebih dari cukup karena bisa jadi proses pulang lebih lama dari yang kamu perkirakan. Jika airmu habis, maka sebaiknya kamu membawa purifier untuk membersihkan air ketika menggunakan air di sekitar.

  1. Perlengkapan serbaguna

Pisau, korek api, senter dan lainnya sangat penting untuk perjalanan hiking-mu. Kamu bisa membuat perapian, memasak, melindungi diri dari ancaman hewan liar, menerangi perjalanan dan lain sebagainya.

  1. Matras dan sleeping bag

Jika kamu tidak membawa tenda, paling tidak kamu bisa menggunakan matras atau sleeping bag supaya kamu bisa beristirahat dengan lebih nyaman. Ini juga akan membuat bawaanmu lebih ringan

  1. Obat-obatan P3K dan hand sanitizer

Bawalah obat untuk luka luar, antibiotic, perban, obat flu ringan, minyak gosok dan lain sebagainya untuk meminimalisir risiko kejadian yang tidak diharapkan. Kamu juga perlu untuk membawa Antis Hand Sanitizer supaya perjalanan mendaki gunungmu terbebas dari risiko kuman masuk ke mulut melalui tangan.

Berguna kan saran di atas? Yuk, agendakan petulangan mendakimu sekarang!

Email Print