Apa Saja Skill Wajib Yang Harus Dimiliki Mahasiswa Sebelum Lulus?

Kampus adalah tempat yang tepat untuk membentuk kepribadian seseorang menjadi lebih matang lagi, terutama untuk mempersiapkan sebelum menginjak ke dunia kerja yang lebih kejam. Kampus menempa seseorang dengan berbagai pengalaman akademis maupun non-akademis.

Memasuki dunia kerja pun juga tidak mudah, Sahabat Antis. Kamu akan bersaing dengan puluhan ribu lulusan dari seluruh Indonesia. Untuk itu, kamu memerlukan skill untuk bersaing dengan mereka, yang bisa kamu kembangkan di saat kuliah. Apa saja skill ini?

  1. Bicara di depan umum

Kemampuan public speaking atau bicara di depan umum menjadi satu kemampuan yang perlu dimiliki mahasiswa sebelum menginjak dunia kerja. Salah satu penggunaan skill berbicara di depan umum ini adalah saat kamu melakukan presentasi. Presentasi yang bagus tentu saja akan lebih mudah diterima daripada yang tidak.

  1. Kemampuan menulis

Kamu kurang bisa menulis yang baik? Coba asahlah menjadi lebih baik. Skill menulis memungkinkanmu untuk mempunyai alur berpikir yang lebih runut. Kemampuan menulis ini bisa dimulai dari pembuatan proposal kegiatan kampus.

  1. Etika berkomunikasi lisan dan tulisan

Permasalahan fresh graduate di saat pertama kali bekerja adalah mereka tidak tahu cara menuliskan email dengan benar atau tidak tahu bagaimana caranya berbicara yang baik pada klien. Kamu bisa mulai melatihnya sejak dalam masa kuliah. Meskipun ini adalah hal yang cukup sederhana, namun bisa jadi krusial ketika nanti kamu sudah bekerja.

  1. Networking

Menjalin relasi menjadi salah satu kemampuan yang baik. Menjadi supel di saat kuliah, suka berkenalan dan mempererat hubungan, memungkinkanmu untuk menabung networking jika kelak nanti kamu sudah bekerja. Kamu pun juga pasti akan lebih supel di dunia kerja, jika kamu sudah terbiasa mempunyai relasi menyenangkan dengan orang lain semasa kuliah.

  1. Bekerja sama dan team leadership

Ketika kamu sudah terbiasa aktif di organisasi selama masa kuliah, seharusnya kamu tidak terlalu sulit mengerti pentingnya kerja sama. Kamu akan terbiasa dalam membagi pekerjaan, berkoordinasi, mempertanggung jawabkan pekerjaan dan lain sebagainya. Apalagi jika di dalam organisasi, kamu adalah pemimpinnya, maka kamu juga terbiasa memimpin sebuah tim.

Itu dia kurang lebih lima kemampuan yang wajib dimiliki oleh mahasiswa jaman sekarang sebelum lulus. Dengan begitu, kamu akan lebih matang lagi memasuki dunia kerja nantinya. Semangat!

Email Print