Apa Saja Tips Menahan Lapar Saat Puasa?

Ketika berpuasa, kamu pasti tidak jauh-jauh dari rasa lapar. Di sinilah kamu akan diuji apakah kamu bisa bertahan atau tidak. Puasa hukumnya wajib bagi umat muslim, sehingga jika kamu bisa menunaikan ibadah puasa, maka kamu akan mendapatkan pahala. Ada beberapa tips supaya tubuhmu kuat menahan rasa lapar dan lancar berpuasa. Seperti apa sih tipsnya?

  1. Hindari makan bubur dan mi instan saat sahur

Saat sahur tiba, makanan yang bertekstur lembek seperti bubur sebaiknya dihindari. Begitu juga dengan mi instan dan MSG tidak baik untuk dikonsumsi karena kamu akan cepat merasa haus karena MSG umumnya membuat tenggorokan kering.

  1. Konsumsi madu dan kurma

Madu yang memiliki rasa manis ini kaya akan air, protein dan mineral yang dibutuhkan untuk kebugaran tubuh selama berpuasa. Kamu sebaiknya meminum 2 sendok madu dengan 3 butir kurma supaya kuat berpuasa.

  1. Pentingnya tidur siang

Tidur di bulan Ramadan itu berpahala lho, Sahabat Antis. Jika kamu kurang tidur, maka rasa lapar dalam perut akan semakin menjadi-jadi. Tidur siang, selain menahan lapar, juga memberikan tubuhmu waktu untuk beristirahat setelah tersita ibadah dan sahur.

  1. Konsumsi makanan yang cenderung berserat

Makanan yang cenderung berserat seperti ubi, mampu membuat rasa kenyang yang lebih lama. Selain itu makanan yang berserat itu jelas lebih sehat. Nasi sendiri, memiliki kandungan glikemik yang rendah, sehingga perutmu akan terasa lebih cepat lapar.

  1. Minum air dengan formasi 2-4-2

Formasi apa 2-4-2 ini? Dua gelas saat berbuka, empat gelas sebelum tidur dan dua gelas saat menjelang sahur. Hal ini diperlukan untuk tetap menjaga kebutuhan tubuhmu akan cairan. Kamu akan tetap merasa segar meskipun sedang berpuasa.

  1. Kurangi ngemil berlebihan di malam hari

Beberapa orang mempunyai kebiasaan buruk saat berpuasa, yaitu makan camilan. Dengan makan camilan di malam hari, kamu akan lebih cepat merasa lapar. Untuk itu, konsumsi camilan secukupnya saja ya.

Ibadah puasa harus dijalankan dengan niat supaya hasilnya pun diterima oleh Allah. Agar puasamu semakin lancar, kamu perlu juga menjaga kesehatan. Salah satunya adalah dengan menggunakan Antis Hand Sanitizer agar kuman tidak masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit. Selamat berpuasa, Sahabat Antis!

Email Print