Apa Yang Diinginkan Generasi Millennial di Tempat Kerja?

Semenjak tahun 2016, generasi millennial sudah mendominasi angkatan kerja. Bayangkan jika tahun 2025, 75% dari angkatan kerja global terdiri dari kaum millennial. Banyak stereotipe atas kaum millennial ini seperti egois, tidak puas dengan pekerjaan yang dimiliki, kurang loyal terhadap perusahaan dan lain sebagainya. Namun sebenarnya semua itu tergantung personal masing-masing. Karena perbedaan kebiasaan dan cara memandang sebuah karir, di situlah ada perbedaan persepsi antar generasi.

Sebenarnya ada beberapa hal yang dicari atau disukai generasi millennial dari pekerjaan atau tempat mereka bekerja. Apa saja hal-hal itu?

  1. Loyalitas Mutual

Memang penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 50% millennial cenderung berganti pekerjaan secara teratur. Namun, mereka bukan berarti tidak loyal terhadap perusahaan atau pekerjaan mereka. Di sini, ada unsur “timbal balik” yang diharapkan dari perusahaan. Mereka menginginkan perusahaan juga loyal terhadap mereka, artinya memberikan imbalan yang selaras dengan nilai-nilai mereka, misalnya kesempatan untuk mengembangkan diri.

  1. Menguasai keahlian baru

Kesempatan untuk menguasai keahlian baru sangat didambakan oleh kaum millennial. Itu menjadi latar belakang mereka berpindah kerja. Bahkan untuk mengembangkan keahlian baru, mereka tak ragu untuk menggunakan uang sendiri. Nah, jika perusahaan memberikan kesempatan itu, kemungkinan mereka bertahan di perusahaan tersebut akan besar.

  1. Ruang kerja yang bersifat pribadi

Survei menunjukkan bahwa generasi millennial sebenarnya tidak terlalu suka bekerja di ruang yang kolaboratif, artinya mereka menginginkan ruang kerja pribadi. Faktor ruang kerja ini sangat mempengaruhi perkembangan mereka dan malah bisa menciptakan tingkat keterlibatan yang tinggi dalam sebuah pekerjaan.

  1. Fleksibilitas bekerja

Lebih memanfaatkan tekonogi dan berorientasi pada hasil merupakan sifat dari millennial. Mereka lebih memilih bekerja di tempat yang nyaman untuk mereka. Sehingga mereka mungkin sedikit terbebani dengan bekerja dengan jam tertentu di tempat tertentu. Perusahaan yang bisa memahami atribut unik generasi ini sebenarnya memberikan kesempatan mereka untuk bertumbuh dalam ruang yang nyaman.

Wahai millennial, apakah empat hal di atas betul? Jika betul, yuk bagikan artikel ini ke teman-teman millennial-mu agar mereka semakin memahami diri mereka. Ingatkan juga untuk menjaga kesehatan dengan menggunakan Antis Hand Sanitizer selama bekerja, supaya pekerjaan mereka tidak terhambat karena jatuh sakit akibat kuman.

Email Print