Apakah Hand Sanitizer Aman Digunakan untuk Anak?

Di tengah pandemi virus corona yang masih melanda ini, penggunaan hand sanitizer disarankan untuk menjaga kebersihan tangan. Hand sanitizer adalah pembersih tangan dengan dua macam bentuk yaitu cairan atau gel. Hand sanitizer memiliki kandungan alkohol entah itu etanol atau isopropanol. Biasanya pembersih tangan ini digunakan sebagai pengganti jika tidak ada air dan sabun untuk mencuci tangan.

Namun, penggunaan hand sanitizer untuk orang dewasa dan anak-anak berbeda. Tidak semua hand sanitizer aman untuk tangan si kecil. Lalu, hand sanitizer yang aman untuk anak itu seperti apa sih? Berikut penjelasannya.

Hand Sanitizer yang Aman untuk Anak

Tanpa Kandungan Alkohol

Hand sanitizer biasanya memiliki kadar alkohol yang cukup tinggi yaitu 60 sampai 95 persen. Kandungan alkohol yang tinggi pada hand sanitizer dapat menyebabkan iritasi pad kulit si kecil. Selain itu, kulit anak kamu akan menjadi kering dan rentan terkena alergi atau infeksi dari tangannya.

Apalagi anak kecil sering kali memasukkan tangannya ke dalam mulut, jangan sampai hand sanitizer tersebut tertelan oleh anak. Maka dari itu, sebaiknya kamu sebagai orang tua pilihkan hand sanitizer yang tanpa alkohol ya.

Organik dan Natural

Karena resiko hand sanitizer tertelan oleh si kecil, penting bagi kamu untuk memilih bahan dari produk hand sanitizer tersebut. Hand sanitizer dengan bahan organik dan natural sangat direkomendasikan seperti aloe vera yang efektif untuk membunuh kuman. Dengan bahan yang natural, hand sanitizer tersebut bisa menjadi pilihan yang aman untuk anak.

Itulah hand sanitizer yang aman untuk anak. Sekarang bagaimana penggunaan hand sanitizer yang aman untuk anak?

Penggunaan Hand Sanitizer yang Aman untuk Anak

Sebagai orang tua, tentu kamu ingin anak tetap sehat dan jauh dari virus corona. Namun kamu harus tetap bijak dalam penggunaan hand sanitizer ini, gunakan secukupnya dan jangan berlebihan. Ingatkan pada anak untuk menggunakan hand sanitizer saat tidak ada air dan sabun saja.

Selalu awasi anak kamu saat menggunakan hand sanitizer. Jangan biarkan si kecil menggunakannya tanpa pengawasan kamu. Ajarkan juga si kecil untuk menggosok tangannya sampai kering setelah menggunakan hand sanitizer, sehingga mencegah adanya sisa hand sanitizer di tangan.

Nah terjawab kan apakah hand sanitizer itu aman atau tidak untuk anak kamu. Intinya awasi penggunaannya dan pilih produk yang aman untuk kulit si kecil. Ingatkan juga untuk selalu cuci tangan menggunakan air dan sabun jika ada daripada menggunakan hand sanitizer.

Email Print