Apakah Hand Sanitizer Berbahaya ? Cek Faktanya Disini!

Kamu pasti pernah ke tempat yang tidak ada wastafel untuk cuci tangan. Sebagai pengganti, biasanya tempat tersebut menyediakan hand sanitizer yaitu semacam gel pengganti sabun cuci tangan yang praktis. Kamu tidak perlu repot lagi cuci tangan jika sudah membawa gel pembersih tangan ini.

Kandungan apa yang terdapat di dalam hand sanitizer?

Hand sanitizer mengandung ethyl alcohol yang bekerja sebagai agen antiseptic. Namun ada beberapa produk yang mengklaim bebas alkohol, mereka menggantinya dengan antibiotic jenis triclosan. Bahan ini terdapat dalam sabun dan pasta gigi.

Apakah Hand Sanitizer Berbahaya? Cek Faktanya Disini!

Menyebabkan Kekebalan Bakteri

Sampai saat ini, tidak ada hasil yang menyebutkan bahwa hand sanitizer berbahaya. Namun menurut teori, gel pembersih tangan ini bisa menyebabkan kekebalan terhadap bakteri tertentu jika terlalu sering digunakan loh.

Membunuh Kuman

Salah satu kelebihan hand sanitizer adalah kemampuannya yang dapat membunuh sel mikroba. Untuk virus, gel pembersih tangan ini hanya mampu menghancurkan lapisan luar virus. Para ahli tetap menyarankan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air, apalagi jika Kamu memiliki kotoran yang membekas di tangan Kamu.

Bukan pilihan pertama

Perlu kamu perhatikan bahwa hand sanitizer tidak dapat menggantikan kebiasaan cuci tangan dengan sabun dan air. Aktivitas cuci tangan masih menjadi salah satu cara efektif melawan kuman penyebab penyakit. Bahkan, kamu dianjurkan untuk mencuci tangan jika sudah menggunakan gel pembersih tangan sebanyak empat hingga lima kali.

Pilih produk yang tepat

Dalam memilih produk sanitizer pembersih tangan, pilihlah yang memiliki konsentrasi alcohol sebesar 60-90%, karena itu merupakan komposisi efektif untuk membunuh kuman dan virus di tangan kamu.

Tetap Efektif

Bagaimanapunjuga, gel pembersih tangan tetap kamu perlukan dalam kondisi tertentu, terutama saat di rumah sakit atau tempat yang tidak terdapat wastafel, sehingga tangan kamu tetap terjaga kebersihannya walaupun tidak ada air dan sabun.

Membersihkan tangan dengan cara cuci tangan ataupun menggunakan hand sanitizer sama-sama metode terbaik untuk membunuh bakteri berbahaya di tangan. Kedua metode tersebut adalah cara terbaik untuk mencegah pertumbuhan kuman penyebab penyakit.

Selalu bawa Antis Anti Kuman jika kamu berpergian ya. Selain membersihkan tangan dari kuman, Antis tidak lengket di tangan loh, dan harganya pun terjangkau.

Email Print