Apakah Kamu Sudah Pernah Mencicipi Semua Jenis Makanan Seafood Ini?

Indonesia yang sebagian besar daerahnya terdiri dari lautan membuat seafood dekat dengan kita. Teksturnya yang lebih lembut dan rasa unik membuat seafood berbeda dengan daging ayam atau sapi. Ingat tidak kata-kata Bu Susi Pudjiastuti bahwa dia akan menenggelamkan yang tidak makan ikan. Hal ini tentu saja bercanda, namun di balik itu Bu Susi mengajak kita untuk makan ikan, hasil laut kita. Hal ini dikarenakan banyak sekali manfaat ikan untuk tubuh kita.

Ada banyak sekali makanan seafood yang ada, namun sudahkah kamu mencoba beberapa makanan dari daftar di bawah ini?

  1. Rendang Lokan

Rendang biasanya berbahan daging sapi, namun Rendang Lokan diolah dengan bahan baku kerang. Kuliner yang berasal dari Sumatera Barat ini mempunyai proses pengolahan yang tak berbeda jauh dengan rendang pada umumnya. Dibuat dengan merebus kerrang bersama santan dan berbagai bumbu hingga mengering dan kecoklatan. Biasanya kuliner ini disajikan sebagai sajian utama dalam upacara adat.

  1. Cakalang Rica-Rica

Di Sulawesi, kamu dapat dengan mudah menemukan berbagai olahan ikan, terutama cakalang. Cakalang Rica-Rica adalah salah satu kuliner khas Sulawesi. Cara membuatnya adalah dengan menggunnakan daging ikan cakalang yang telah diasap hingga mengering. Daging ini kemudian disuwir dan ditumis degan bumbu dari cabe, bawang, tomat, jahe dan daun jeruk. Rasanya yang gurih dan pedas pasti akan menggodamu.

  1. Gohu Ikan

Sajian ikan mentah seperti di Jepang bisa kamu temukan di Ternate. Di sini kamu bisa menemukan Gohu Ikan, yang terbuat dari campuran ikan tuna atau cakalang dengan tumis bawang merah dan cabe rawit. Amisnya tidak terasa karena disajikan dengan air lemon atau jeruk nipis serta daun kemangi.

  1. Gonggong

Gonggong itu bukan suara anjing lho ya, melainkan kuliner siput laut rebus dengan cangkang putih yang cukup tebal. Cara merebusnya pun menggunakan bawang putih dan rempah-rempah, biasanya dinikmati dengan cocolan sambal jeruk. Kuliner ini berasal dari daerah kepulauan Riau

  1. Bandeng asap

Bandeng terkenal dengan nutrisi baik untuk tubuh seperti omega 3 dan lemak baik. Di Sidoarjo, bandeng asap menjadi oleh-oleh khas Sidoarjo dan Surabaya. Bandeng dibersihkan sisiknya dan isi perutnya, kemudian diolah dan diberi pengasapan hingga warnanya kuning kecokelatan.

Wah, membahas makanan seafood jadi lapar ya? Yuk kita coba beberapa kuliner di atas. Jangan lupa ya, sebelum dan sesudah makan gunakan dulu Antis Jasmine Tea supaya tangan terlindung dari kuman dan terbebas dari bau ikan yang menempel.

Email Print