Apakah Minuman/Makanan Panas Bisa Membunuh Virus Corona ?

Antisantikuman.com – Saat ini virus corona telah menjangkit ratusan ribu orang diseluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia, hingga saat ini sudah lebih dari seribu orang yang positif terjangkit virus Covid-19 ini. Berbagai anjuran untuk menjaga kesehatan sudah banyak ditemui, baik di sekitar kita ataupun di berbagai media seperti media sosial.  Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah tentang makanan, ada pertanyaan apakah virus covid-19 bisa bertahan didalam makanan yang panas ? Berikut adalah penjelasanya.

Menurut berbagai informasi yang beredar, banyak yang mengatakan bahwa virus covid-19 dapat mati dengan mengkonsumsi minuman/makanan panas, dan faktanya seperti dilansir oleh dream.co.id bahwa suhu yang tinggi tidak dapat membunuh virus covid-19, Dalam artikel berjudul ‘Drinking 60 C water kills virus?’ itu disebutkan bahwa virus corona tidak mati di suhu yang tinggi. Jadi, minum air panas tidak akan mematikan virus penyebab Covid-19. Justru itu adalah usaha sia-sia karena dapat melukai kerongkongan kita.

Dampak Negatif Mengkonsumsi Minuman/Makanan Panas

Mengonsumsi makanan panas dapat membuat masalah pada sistem pencernaan kita, menurut pakar kesehatan mengkonsumsi makanan panas dapat merusak lapisan email gigi, sehingga dapat menimbulkan gigi sensitif. Selain itu lidah kita dapat melepuh jika mengkonsumsi makanan/minuman yang panas,  dan biasanya banyak orang akan meniup makanan/minuman yang panas dan cara ini justru akan memberikan bakteri atau kotoran masuk kedalam makanan/minuman kita.

Kebiasaan kita memakan makanan dalam kondisi panas dapat memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan lambung. Makanan yang memiliki suhu yang tinggi dapat membuat iritasi pada dinding lambung, sehingga meningkatkan produksi asam lambung. Hal ini adalah sebagai pemicu perut kembung dan dapat meningkatkan risiko kanker lambung.

Bagaimana melindungi tubuh kita dari virus Covid-19 ?

Dari berbagai sumber menjelaskan yang dapat membunuh virus Covid-19 adalah imun yang terdapat didalam tubuh kita, jadi jika imun yang berada didalam tubuh kita lemah maka kita akan mudah terserang virus.

Cara untuk mencegah virus Covid-19 masuk kedalam tubuh sebenarnya dapat dilakukan dengan cara sederhana dan tidak perlu mengkonsumsi makanan/minuman dalam keadaan panas, namun tidak dianjurkan juga kita mengkonsumsi makanan dalam keadaan dingin, jadi yang biasa saja.

Langkah mengonsumsi makanana bergizi seperti sayur, buah dan protein serta menambah kekebalan imun dengan memakan vitamin C, adalah cara yang efektif. Namun sebelum makan cucilah tangan anda dengan sabun  hingga bersih atau dapat menggunakan hand sanitizer seperti Antis Anti Kuman.

Email Print