Bagaimana Cara Ampuh Supaya Tidak Deg-Degan Saat Ujian Skripsi

Mahasiswa pasti akan melewatkan ujian yang satu ini, yaitu ujian skripsi. Ujian ini sering menjadi momok bagi mahasiswa, sehingga tak sedikit juga yang menghabiskan waktu kuliah lebih lama hanya karena lambat mengerjakan skripsi. Nasib mahasiswa memang sangat tergantung pada skripsi, karena memang bobot sksnya juga lebih banyak.

Saat menjelang ujian skripsi, pasti kita merasa deg-degan, ketakutan, khawatir hingga muncul perasaan mulas. Apalagi jika kamu mendapatkan penguji skripsi yang terkenal galak. Wah, bisa-bisa kamu tambah panik. Sebenarnya ketika kamu sudah mempersiapkan hal-hal dengan baik, kamu tidak akan sepanik itu kok. Ada beberapa tips yang mungkin bisa kamu coba supaya kamu lebih kalem lagi menghadapi ujian skripsi di kemudian hari.

  1. Pelajari dengan baik skripsimu

Kamu harus mengerti betul apa yang kamu tulis dalam skripsi. Mengerjakan skripsi saja belum tentu kamu bisa mengingat semua yang kamu tulis. Untuk itu, seminggu sebelum ujian skripsi, sebaiknya kamu membaca kembali skripsimu dengan baik. Catatlah kemungkinan-kemungkinan pertanyaan yang akan diajukan oleh pengujimu.

  1. Pelajari karakter dosen penguji

Kenali dan pelajari dosen pengujimu. Ada beberapa tipe dosen yang sangat konsen dengan data dan cara mengolahnya. Ada juga yang konsen dengan teori yang menjadi landasan skripsimu. Kamu bisa bertanya pada teman-temanmu yang sudah melewati ujian skripsi mengenai karakter dosen penguji.

  1. Pastikan slide presentasimu cukup representatif dan mendukungmu

Salah satu kendala ujian skripsi adalah kamu tidak menyiapkan presentasi dengan baik, runtut dan representatif. Sehingga seringkali kamu bingung dengan slide yang disampaikan. Pertama-tama, buatlah kerangka alur presentasimu sebelum dituang dalam slide. Kemudian, turunkan kerangka alur presentasi ke dalam slide. Buatlah yang cukup ringkas (bisa jadi dalam poin-poin) sehingga cukup membantumu menjelaskan.

  1. Jaga kesehatan sebelum menghadapi ujian skripsi

Menjaga kesehatan itu adalah hal yang wajib. Jangan sampai kamu terlihat lemas, kurang tidur hingga tidak enak badan saat berada di depan dosen penguji. Kamu bisa menggunakan Antis Hand Sanitizer, misalnya, untuk mencegah kuman penyebab pennyakit masuk ke dalam tubuh. Istirahat dengan cukup juga sangat dianjurkan.

  1. Latihan dahulu dengan temanmu

Supaya kamu tidak blank banget waktu di depan dosen penguji, kamu bisa berlatih dengan temanmu. Hal ini bagus untuk dilakukan supaya alur presentasimu menarik dan manajemen waktumu terjaga dengan baik.

Coba deh prakteki 5 tips di atas, pasti deg-deganmu akan berkurang dan kamu lebih percaya diri lagi menghadapi dosen pengujimu. Yuk dicoba!

Email Print