Bagaimana Sebaiknya Mahasiswa Pintar Membagi Waktu Kuliah dan Organisasi?

Mengikuti organisasi di masa kuliah itu memang punya banyak manfaat bagi masa depan. Kamu akan memiliki berbagai pengalaman seperti rapat, menyusun program kerja, menyusun anggaran, laporan pertanggungjawaban dan lain sebagainya. Berbagai kegiatan juga akan kamu jalankan ketika kamu semakin aktif berorganisasi. Serunya lagi dalam berorganisasi adalah kamu bisa memperluas jaringan pertemanan, terutama dengan senior dan junior kamu di kampus.

Keasyikan berorganisasi membuat mahasiswa kadang sulit untuk membagi waktu dengan kuliah. Bentroknya waktu berorganisasi dan kelas, menyebabkan kamu seringkali dilema memilih salah satu. Bagaimana seharusnya kamu membagi waktu kuliah dan organisasi?

  1. Tentukan prioritas utama

Dalam melakukan segala sesuatu, pasti kamu harus ingat apa prioritasmu. Jika kamu memilih kuliah sebagai prioritasmu, tentu saja kamu akan mengutamakan kegiatan perkuliahan. Jangan sampai organisasimu memperlambatmu mendapatkan gelar sarjana seperti yang kamu inginkan di awal.

  1. Manfaatkan waktu yang ada

Kuliah pasti ada masa sibuk dan masa senggangnya. Tidak setiap saat kamu mengikuti kelas di kampus. Nah, di saat waktu senggang, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengembangkan soft skill yang bisa kamu temukan dalam organisasi. Dengan begitu, kamu akan membuat waktumu menjadi lebih produktif.

  1. Membuat to-do-list

Satu kebiasaan baik yang membuat waktumu tidak keteteran adalah membuat to-do-list. Membuat daftar yang harus dikerjakan penting, agar kamu kemudian tidak melewatkan satu kegiatan penting, terutama kegiatan kuliahmu.

  1. Disiplin dan komitmen

Kamu juga harus mewajibkan pada diri sendiri untuk disiplin menjalankan prioritas. Kamu juga harus berkomitmen untuk menyelesaikan kuliah di waktu yang tepat, sambil berorganisasi dan mengembangkan soft skill.

  1. Menjaga kesehatan

Menjalankan kuliah dan organisasi tentu tidak hanya sekadar membagi waktu, namun juga menjaga kesehatan. Kegiatan yang banyak membuatmu harus berinteraksi dengan banyak orang dan banyak benda. Banyak kuman bisa menempel di tanganmu dan juga bisa menyebabkanmu sakit. Untuk itu, jaga kesehatanmu dengan menggunakan Antis Hand Sanitizer sebelum dan sesudah beraktivitas. Risiko kuman yang masuk ke tubuh melalui tangan akan berkurang dan kamu bebas melakukan aktivitas dengan rasa aman.

Sebagai mahasiswa yang baik, kamu harus bisa mengakomodasi kebutuhan akademismu dan juga kebutuhan soft skill-mu. Atur waktu yang baik dan persiapkanlah dirimu untuk dunia kerja. Selamat mencoba, Sahabat Antis!

Email Print