Bagaimana Sih Cara Mengolah Daging Dengan Baik?

Salah satu daging favorit masyarakat Indonesia adalah daging sapi, yang bisa diolah menjadi soto, sup, rendang dan lain sebagainya. Berbagai daerah di Indonesia juga punya kuliner khas masing-masing yang berbahan dasar daging sapi. Mengolah daging sapi itu perlu perlakuan khusus, termasuk saat membersihkannya. Banyak orang yang masih salah dalam mengolah daging sehingga hasilnya kurang baik. Seperti apa cara mengolah daging yang baik?

  1. Harus ditempatkan pada suhu yang benar

Memasukkan dalam lemari pendingin saja tidak cukup. Kamu harus memastikan bahwa daging sapi berada pada suhu dingin di freezer, sekitar -18 derajat celcius. Jika lebih dari dua minggu, maka kamu perlu membungkusnya dengan aluminium foil atau kertas pembeku supaya daging terlindungi sempurna.

  1. Beda kematangan, beda lama penyimpanan

Daging sapi mentah dan matang punya durasi berbeda ketika disimpan di dalam kulkas. Untuk mendapatkan daging yang sempurna, daging sapi mentah bisa disimpan di kulkas selama 2 hari dan daging matang bisa mencapai 4 hari. Sementara dalam freezer, daging sapi mentah bisa bertahan 3-4 bulan.

  1. Mencairkan daging sapi beku harus benar

Banyak orang menaruh daging sapi beku di bawah aliran air untuk membuatnya pada suhu normal. Padahal cara ini salah karena bakteri akan segera mampir ke daging sapi. Cara yang benar adalah dengan memindahkannya dulu dari freezer ke kulkas, lalu baru dipindahkan ke suhu ruang, sehingga suhunya normal secara perlahan.

  1. Mencuci terlalu lama itu tidak disarankan

Mencuci daging terlalu lama itu bisa menyebabkan tekstur daging menjadi keras dan jika kamu merendamnya maka daging sapi akan kehilangan nutrisinya. Daging sapi akan berwarna pucat kecoklatan dan tidak segar. Mencuci di wastafel juga tidak disarankan karena banyak kuman dan bakteri di sana. Setelah mencuci daging, pastikan tanganmu higienis kembali dengan menyemprotkan Antis Jasmine Tea yang mampu membunuh kuman sekaligus menghilangkan bau tidak sedap pada tangan.

  1. Dimasak pada suhu tertentu

Bakteri itu mati jika daging sapi diolah dengan suhu di atas 71 derajat celcius. Untuk itu, pastikan bahwa daging sapimu diolah dengan benar supaya tidak menyebabkanmu jatuh sakit.

Itu dia beberapa tips mengolah daging sapi yang baik dan sehat untuk dikonsumsi. Jadi, hari ini kamu mau masak apa?

Email Print