Apa Bedanya Mahasiswa Semester Awal dan Akhir?

Beda beberapa tahun saja, mahasiswa baru dan mahasiswa senior sudah berbeda perilakunya. Biasanya kampus akan terasa lebih ramai ketika ada mahasiswa baru dan kamu yang sudah cukup lama di kampus akan merasa semakin asing dengan wajah-wajah baru ini.

  1. Sosialisasi

Mahasiswa baru cenderung berkelompok di awal, karena berasal dari satu kelompok ospek atau asal SMA yang sama. Mereka cenderung duduk berdekatan di kelas, nongkrong bareng setelah kelas dan masuk ke komunitas yang sama. Sementara untuk mahasiswa lama, biasanya semakin sedikit teman yang dimilikinya, ada yang menghilang dari kampus, ada juga yang lulus duluan.

  1. Kepolosan muka

Semakin baru masuk, muka semakin polos. Ketidaktahuan dalam dunia kuliah membuat mahasiswa baru cenderung bingung apa yang harus dilakukan di kampus. Apalagi bawaan SMA yang ceria dan tanpa beban. Berbeda halnya dengan mahasiswa lama yang menghadapi berbagai tuntutan seperti kapan KKN, kapan magang, kapan skripsi, kapan wisuda dan lain sebagainya.

  1. Saat pulang kampung

Mahasiswa baru umumnya masih gampang kangen pulang kampung. Terbiasa dengan keluarga yang dekat, membuat mahasiswa baru ingin pulang kampung untuk sekedar nongkrong dengan teman lama. Untuk mahasiswa lama, umumnya mereka menghindari pulang kampung karena bisa jadi bertemu teman lama dan ditanya tentang progres kuliah. Bisa jadi minder ketika teman lama sudah wisuda atau bahkan sudah menikah.

  1. Isi tas kuliah

Mahasiswa lama cenderung memiliki berbagai jenis berkas revisian baik itu tugas maupun skripsi. Tak cuma itu, terkadang berbagai berkas semester-semester sebelumnya pun masih ada di tas. Mahasiswa baru cenderung penuh persiapan, seperti buku panduan kuliah yang masih mulus, alat tulis yang masih lengkap dan sebagainya. Tak jarang mereka juga mempersiapkan hand sanitizer seperti Antis Lucky Charm untuk digunakan di sela-sela kuliah.

  1. Level menyapa

Mahasiswa baru rajin menyapa di kampus, bahkan bisa menyapa setiap berpapasan dengan siapa saja. Mereka merasa segan ketika tidak menyapa. Berbeda halnya dengan mahasiswa lama yang justru disapa dan disegani. Bahkan terkadang saking lamanya, dosen pun menyapa mahasiswa lama ini.

Nah itu dia perbedaan mahasiswa baru dan mahasiswa lama. Kelihatan banget kok bedanya. Fenomena ini wajar kok terjadi selama proses perkuliahan. Kalau kamu sekarang ada di fase mana?

Email Print