Bekerja di Dalam atau di Luar Ruangan? Jangan Lupa untuk Selalu Menjaga Kebersihan Diri
menjaga kebersihan diri

Antisantikuman Berbeda dengan anggapan orang-orang di generasi lalu, kini bekerja tidak lagi harus dilakukan dari balik meja di kantor. Dengan adanya perkembangan zaman dan teknologi, ada juga jenis pekerjaan yang dapat dilakukan di rumah. Di samping itu, ada banyak pula pekerjaan yang harus bersentuhan langsung dengan medan di lapangan.

Setiap pekerjaan tentu memiliki untung dan ruginya tersendiri. Bekerja di balik meja, misalnya, mungkin bisa memunculkan rasa aman dan nyaman, tetapi di saat yang sama juga bisa saja dipenuhi dengan rutinitas yang membosankan. Di sisi lain, bekerja secara langsung di lapangan mungkin jauh dari kata bosan, tetapi juga penuh dengan risiko yang patut dipertimbangkan.

Ada bermacam-macam risiko yang harus dihadapi oleh para pekerja lapangan, mulai dari keselamatan kerja hingga kesehatan diri. Berbeda dengan mereka yang bekerja di balik meja, pekerja lapangan akan lebih rentan mengalami kecelakaan di tempat kerja. Misalnya saja operator alat-alat berat yang harus bertaruh nyawa jika sampai alat-alat yang dijalankannya mengalami malfungsi. Selain itu, ada juga risiko lain yang terlihat sepele, tetapi dampaknya cukup besar yaitu risiko lingkungan kerja yang tidak higienis.

Mereka yang bekerja di lapangan kerap harus siap siaga di tempat-tempat yang bersentuhan langsung dengan alam. Oleh karena itu, jika kebersihan diri tidak dijaga dengan baik, masalah-masalah kesehatan seperti flu, tipes, atau diare kerap terjadi.

Wajar saja, sebenarnya, karena toh sifat pekerjaannya yang mungkin mengharuskannya berada di tempat yang kotor dalam waktu lama, sehingga ketika kondisi tubuh sedikit menurun dan kurang memperhatikan kebersihan diri, kuman-kuman penyebab penyakit dapat dengan mudah menyerang.

Dokter dan perawat contohnya. Bekerja langsung menangani pasien di rumah sakit, kebersihan diri harus selalu dijaga agar tetap sehat. Mencuci tangan dengan benar ketika akan beraktifitas atau setelah beraktivitas menjadi suatu keharusan. Penggunaan antiseptik yang dapat membunuh kuman dan bakteri menjadi sesuatu yang harus digunakan.

Jika tidak demikian, bisa-bisa justru mereka yang akan dirawat di rumah sakit tersebut. Terlepas dari jenis pekerjaannya, selalu sediakan Antis sebagai antiseptik untuk mencuci tangan baik sebelum maupun setelah beraktivitas, khususnya sebelum makan, ya!

Email Print