Berbagai Tipe Mahasiswa Saat Kerja Kelompok

Masa-masa kuliah memang banyak menghadapi tugas kelompok. Tujuan dari diberikannya tugas kelompok ini adalah untuk mengajarkan mahasiswa untuk bekerjasama memecahkan sebuah masalah. Namun, mengerjakan tugas kelompok ini sendiri merupakan tantangan tersendiri karena kamu menghadapi berbagai jenis manusia yang berbeda. Risikonya adalah mendapatkan nilai jelek dari dosen yang mau tidak mau akan berpengaruh kepada indeks prestasi kumulatif.

Dalam mengerjakan tugas kelompok, ada beberapa tipe mahasiswa.

  1. Si Rakus

Ini adalah jenis mahasiswa yang mengerjakan semua seorang diri, mulai dari riset, pengerjaan presentasi hingga membawa presentasinya. Tipe mahasiswa ini tidak gampang percaya pada orang lain dan kemampuan mereka. Biasanya tipe ini cenderung pintar, namun tidak disukai oleh teman-temannya. Sifatnya yang mendominasi sebenarnya kurang cocok dalam mengerjakan tugas berkelompok.

  1. Si Pasrah

Sementara si pasrah memang orang yang serba nurut. Dia tidak mengeluarkan ide sama sekali, namun hanya mengikuti apa keputusan kelompok. Dia pun biasanya hanya pasrah diberikan bagian tugas tertentu dalam mengerjakan. Saat presentasi, umumnya dia benar-benar membaca apa yang ada di layar tanpa menjelaskan hal yang lebih detil lagi.

  1. Si Moody

Tipe ini terkadang sangat bisa diandalkan, tapi terkadang sangat menyebalkan. Kamu harus paham betul suasana hatinya sebelum mengajaknya mengerjakan tugas kelompok, karena kalau dia sedang tidak mood maka tugas kalian akan menjadi sesuatu yang jelek.

  1. Si tukang alasan

Pernah tidak kamu menjumpai orang yang selalu ada alasan saat diajak berkumpul atau mengerjakan tugas? Entah itu harus mengantar orang tuanya, bannya bocor dan lain sebagainya. Tipe seperti ini bisa jadi mendapatkan nilai bagus padahal tidak berkontribusi dalam pengerjaan tugas kelompok.

  1. Si tukang presentasi

Ada juga tipe mahasiswa yang tidak pernah berkontribusi dalam mengerjakan tugas kelompok, namun piawai dalam membawa presentasi sehingga mampu menghibur. Tipe seperti ini memiliki kemampuan komunikasi yang baik, sehingga penampilan presentasi tugas kelompok ini akan sangat terbantu.

Dari berbagai tipe di atas, mana yang kamu banget? Atau kamu punya tipe mahasiswa yang lain? Yuk bagikan artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka yang tidak pernah membantu di kerja kelompok terketuk hatinya.

Email Print