Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri Di Rumah

Sejak diberlakukannya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) kembali di Jakarta belakangan ini, masyarakat dihimbau agar semakin waspada dan melakukan protokol kesehatan. Himbauan untuk selalu mencuci tangan dan menjaga kebersihan tubuh terus didemonstrasikan.

Mencuci tangan dengan air dan sabun merupakan cara paling baik namun pada beberapa kondisi yang tidak memungkinkan hand sanitizer bisa menjadi pilihan.

Karena jumlah positif terus meningkat, dikhawatirkan ketersediaan masker dan hand sanitizer menjadi langka kembali. Oleh karena itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) membagikan formula untuk membuat hand sanitizer sendiri di rumah. Apakah efektif untuk membersihkan tangan?

Sebelum membuat hand sanitizer sendiri di rumah ada baiknya memperhatikan dulu hal berikut supaya hand sanitizer buatan mu efektif membunuh kuman.

Takaran yang Pas

Kadar alkohol yang efektif untuk membunuh kuman adalah 60 sampai 95 %. Jika membuat hand sanitizer tidak dengan takaran berikut bisa jadi tidak ampuh untuk membunuh kuman, bakteri, dan virus.

Campuran Belum Tentu Tepat

Nah saat mencari resep hand sanitizer di internet, beberapa menyarankan bahan campuran yang belum jelas apakah efektif untuk mencegah virus. Contohnya ada yang merekomendasikan untuk memasukkan minyak esensial sebagai aroma. Penambahan minyak esensial ini walaupun dalam jumlah sedikit saja masih belum diketahui saat dicampur alkohol. Oleh karena itu, ikuti aturan yang sesuai dengan WHO ya.

Kulit Tangan jadi Kering

Jika membuat hand sanitizer dengan bahan seadanya, itu berisiko membuat kulit tangan mu jadi kering. Berbeda dengan hand sanitizer yang berada di pasaran yang biasanya sudah dimasukkan kandungan pelembap. Kandungan tersebut untuk mencegah efek keras ketika alkohol terkena kulit.

Itulah risiko yang perlu kamu perhatikan sebelum membuat hand sanitizer sendiri. Jika tetap ingin membuat, sebaiknya kamu mengikuti formulasi yang diberikan WHO berikut. Dengan syarat kamu membuatnya sesuai dengan takaran, campuran, dan peralatan yang sama.

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Ada dua formulasi yang diberikan oleh WHO untuk membuat hand sanitizer, berikut caranya:

Formulasi pertama

Formulasi yang pertama adalah membuat hand sanitizer dengan konsentrasi akhir etanol 80% v/v, gliserol 1,45% v/v, hidrogen peroksida (H2O2) 0,125% v/v.

  • Siapkan labu ukur berukuran 1000 mililiter, lalu tuang bahan berikut sesuai dengan takarannya: etanol 96% v / v sebanyak 833,3 mililiter, H2O2 3% sebanyak 41,7 mililiter, gliserol 98% sebanyak 14,5 mililiter.
  • Setelah selesai, isilah labu hingga tepat 1000 mililiter dengan air suling, atau air yang telah direbus dan didinginkan.
  • Kocok labu secara perlahan, hingga semua bahan tercampur rata.

Formulasi dua

Formulasi yang kedua yaitu membuat hand sanitizer dengan konsentrasi akhir isopropil alkohol 75% v / v, gliserol 1,45% v / v, hidrogen peroksida 0,125% v / v.

  • Siapkan labu ukur berukuran 1000 mililiter, lalu tuang bahan berikut sesuai dengan takarannya: isopropyl alkohol (dengan kemurnian 99,8%) sebanyak 751,5 mililiter, H2O2 3% sebanyak 41,7 mililiter, gliserol 98% sebanyak 14,5 mililiter.
  • Lalu, isi labu ukur sampai tepat 1.000 mililiter dengan air yang telah direbus dan didinginkan atau bisa juga dengan air suling.
  • Kocok labu secara perlahan, hingga semua bahan tercampur.

Itulah cara membuat hand sanitizer sendiri di rumah. Apakah efektif? Jika kamu benar-benar mengikuti formulasi dari WHO termasuk takaran dan peralatannya, hand sanitizer buatan mu bisa saja efektif untuk digunakan. Namun harus tetap hati – hati jika mengikuti resep yang bertebaran secara online, karena masih belum jelas apakah telah lulus uji klinis atau belum.

Jika kamu tidak mau ribet membuat hand sanitizer sendiri, kamu bisa menggunakan Antis Hand Sanitizer. Produk ini sudah memiliki kadar alkohol di atas 60%, dan tidak lengket sehingga nyaman digunakan.

Email Print