Cara Mengatur Keuangan yang Cocok untuk Mahasiswa Rantau

Menjadi mahasiswa rantau memang penuh suka dan duka. Pergi jauh dari rumah meninggalkan keluarga dan saudara demi Pendidikan yang lebih baik. Keuangan untuk kebutuhan kuliah dan hidup sehari – hari terkadang tidak cukup, ingin bekerja namun bentrok dengan jam kuliah.

Sebagai mahasiswa rantau kamu harus pintar – pintar mengatur keuangan supaya cukup selama satu bulan. Walaupun jauh dari rumah, kamu tetap bisa mengatur keuangan, berikut cara mengatur keuangan yang cocok untuk mahasiswa rantau.

Menabung

Dari kecil pasti kamu sudah diajarkan untuk menabung kan? Menabung adalah cara yang paling sering dinasihati oleh orang tua, walaupun kamu bosan mendengarnya, namun nyatanya nasihat ini sangat berguna untuk ke depannya.

Selalu sisihkan uang untuk ditabung saat kamu menerima uang bulanan dari keluarga. Ini supaya kamu memiliki cadangan uang atau dana darurat jika suatu saat membutuhkan.

Cari Berbagai Sumber Pemasukan

Sebagai mahasiswa rantau, pasti kamu masih mendapat bantuan dari orang tua berupa uang bulanan dan jajan. Manfaatkan uang tersebut dengan baik, dan jangan boros. Jika dirasa tidak cukup kamu bisa mencari pekerjaan sampingan yang tidak mengganggu jam kuliah mu untuk menambah pemasukkan.

Tentukan Segala Jenis Pengeluaran

Setelah menentukan sumber pemasukan, selanjutnya kamu harus menentukan segala pengeluaran selama satu bulan. Tentukan uang tersebut akan kamu gunakan untuk kebutuhan apa selama kuliah. Kamu bisa memulai dengan menghitung biaya makan perhari, ongkos di kampus, dan masih banyak lagi tergantung kegiatan mu.

Buat Rencana Anggaran Keuangan

Setelah itu kamu harus membuat rencana anggaran keuangan. Atur keuangan mu supaya pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan mu. Jika pengeluaran masih lebih besar, tentu kamu harus menambah pemasukkan lagi seperti menjadi freelance supaya pengeluaran dan pemasukkan seimbang.

Mengendalikan Keinginan Diri

Yang terakhir adalah ada pada diri mu sendiri. Jika kamu sudah membuat segala anggaran dan rencana pengeluaran tapi masih tergoda untuk makan enak, membeli barang, pergi ke mall maka tetap saja keuangan mu akan goyah.

Maka dari itu, kembali pada diri sendiri. Kendalikan keinginan mu, jangan tergoda dengan hal yang tidak diperlukan. Jika ada uang lebih, sebaiknya kamu tabung daripada digunakan untuk senang – senang. Ingat, kamu sedang berada jauh dari rumah, walaupun bebas tapi keuangan mu terbatas.

Itulah cara mengatur keuangan yang cocok untuk mahasiswa rantau. Semoga keuangan mu membaik dan kamu lulus kuliah tepat waktu. Selama kuliah dan beraktivitas jangan lupa untuk membawa Antis Hand Sanitizer untuk membersihkan tangan mu dari virus dimanapun kapanpun.

Email Print