Ini dia, Cara Merawat Hewan Peliharaan Dengan Baik
hewan peliharaan

Memelihara hewan di rumah memang sepertinya sudah sangat lazim kita temui. Biasanya hewan yang umumnya di pelihara merupakan hewan-hewan yang jinak, seperti kucing, anjing, burung, dan lain sebagainya. Namun, tak jarang pula orang yang menyukai untuk memelihara hewan yang agak buas. Baik buas maupun tidak, setiap hewan peliharaan perlu untuk mendapatkan perawatan yang baik. Hal ini dikarenakan, setiap binatang memiliki insting dimana merak akan merasa nyaman ditempat mereka diperlakukan dengan baik.

Baca juga : Akhir Pekan di Rumah Juga Bisa Seru

Hewan peliharaan saat ini bahkan sudah diperjualbelikan. Hal tersebut dikarenakan binatang tersebut sangat lucu, jinak dan pintar, mereka bisa mengetahui dan mengerti akan tuannya. Ketika kamu memutuskan untuk memelihara hewan tentunya kamu dituntut untuk mempunyai tanggung jawab dalam merawatnya dan tidak lantas menelantarkan dan membiarkannya. Berikut kami coba rangkumkan beberapa cara merawat hewan peliharaan dengan baik dan benar.

  • Siapkan Kandang dan Jaga Kebersihannya
    Siapkan kandang yang layak untuk hewan peliharaanmu sangat penting untung diprioritaskan. Idealnya kandang yang baik untuk hewan peliharaan adalah yang jauh dari kebisingan. Meskipun setiap hewan memiliki tingkat sensitif terhadap kebisingan yang berbeda, ketenangan merupakan kondisi ideal yang dibutuhkan hewan peliharaanmu. Jangan lupa juga untuk menydiakan tempat khusus untuk membuang kotoran. Selain itu jangan lupa untuk selalu membersihkan kandang minimal 2 minggu sekali. perhatikan kondisi kandang, Jika dirasa kotor dan bau segera bersihkan saat itu juga.
  • Perhatikan Selalu Kondisi Hewan
    Pastikan selalu kondisi hewan dalam keadaan sehat dan tidak terlihat janggal. Kamu bisa membawanya 3 bulan sekali ke dokter hewan untuk mengecek kesehatannya. Jangan lupa pula untuk memberikan vaksinasi untuk hewan yang kamu pelihara, hal ini dilakukan untuk mencegah penyakit umum.
  • Berikan Makanan dan Minuman yang Layak
    Selain itu, yang perlu diperhatikan ialah hewan juga membutuhkan kasih sayang. Mereka akan tampak lebih bahagia jika diperlakukan dengan kasih sayang. Hal yang paling mudah dilakukan ialah dengan membelai tubuhnya atau mengajaknya untuk bermain. Mengajaknya berkeliling komplek juga dapat membuatnya lebih diperhatikan lho.
  • Berikan Perawatan Khusus
    Perawatan pada hewan peliharaan juga perlu dilakukan terutama bagian bulu dan kuku. Periksalah anggota tubuh binatang peliharaan, mulai dari mata, telinga, mulut, hidung dan juga lubang pembuangan. Pastikan selalu dalam kondisi bersih dan tidak terlihat kusam. Jika dirasa kotor segera bersihkan dan jika sekiranya melihat tanda-tanda penyakit, segera lakukan pemeriksaan agar tidak terjadi penyebaran yang tidak diinginkan. Jangan lupa pula untuk memandikan hewan peliharaan kamu. Gunakan sabun mandi khusus hewan demi keindahan bulu dari hewanmu.

Itulah beberapa cara merawat hewan peliharaanmu. Jangan lupa untuk membersihkan tanganmu setelah melakukan kontak langsung dengan hewan peliharaanmu. Gunakan hand sanitizer atau pembersih tangan yang dapat membunuh kuman disekitar permukaan tangan. Sehingga kesehatanmu juga dapat terjaga dengan baik.

Email Print