Cegah Virus Corona dengan Cuci Tangan

Virus corona yang menyebar belakangan ini membuat resah beberapa negara yang belum terinfeksi. Berbagai pencegahan dilakukan seperti membatasi datangnya warga dari China.

Penyebaran virus corona dapat cepat menyebar. Orang yang terkena virus ini tidak akan menunjukkan perubahan yang signifikan. Gejala yang ditimbulkan mirip seperti flu.

Oleh karena itu, penting untuk mencegah segala bentuk penyebaran. Sampai saat ini belum ada vaksin atau obat yang cocok untuk menangani jenis virus terbaru ini. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan agar masyarakat melakukan pencegahan virus corona dengan cara sederhana untuk mengurangi penularan virus.

Cuci tangan adalah cara terbaik untuk menghentikan penyebaran kuman atau virus dibandingkan dengan menggunakan air saja. Kebiasaan ini terbukti berperan penting dalam mencegah penyebaran kuman. Maka dari itu masyarakat harus mencegah virus corona dengan cuci tangan.

Bagaimana cara cuci tangan dengan benar?

Berikut langkah cuci tangan yang perlu kamu ketahui untuk mencegah virus corona:

  • Nyalakan keran dan basahkan kedua tangan kamu.
  • Gunakan sabun dan usapkan ke kedua tangan kamu hingga menutup seluruh tangan.
  • Gosokkan kedua tangan mu secara bergantian.
  • Gosokkan area jari – jari dan punggung tangan hingga bersih.
  • Bersihkan juga ujung jari kamu secara bergantian.
  • Bersihkan kedua jempol secara bergantian dengan menggenggam lalu memutar secara bergantian.
  • Bilas kedua tangan.
  • Keringkan kedua tangan kamu menggunakan handuk atau tisu yang bersih.
  • Gunakan handuk atau tisu untuk menutup keran air dan selesai sudah langkah mencuci tangan dengan sabun.

Dibutuhkan setidaknya minimal 20 detik untuk mencuci tangan kamu hingga bersih. Sekali lagi perlu kamu ingat, hanya cuci tangan dengan sabun yang efektif untuk membunuh kuman dan mencegah penularan penyakit.

Jenis Sabun yang Digunakan

Jenis sabun apapun dapat digunakan untuk cuci tangan entah sabun mandi, sabun antiseptic atau pun sabun cair. Sabun antibakteri atau antiseptik lebih efektif digunakan karena dapat membunuh kuman dengan baik.

Itulah cara Cegah Virus Corona dengan Cuci Tangan. Jika tidak ada sabun dan air atau wastafel, kamu bisa menggunakan tisu antibakteri, walaupun tidak terlalu efektif seperti sabun antibakteri. Tisu antibakteri dipercaya dapat mengurangi bakteri yang ada di tangan kamu. Kamu juga bisa menggunakan Antis Hand Sanitizer untuk mengurangi bakteri yang ada di tangan mu.

Email Print