Daftar Hewan yang Dituduh Menyebarkan Virus Corona
3 hewan penyebab corona

Akhir-akhir ini virus corona menjadi wabah penyakit yang mengancam kesehatan manusia, virus yang muncul pertama kali di kota Wuhan China ini sudah merenggut banyak korban, terutama di negara China. Virus ini menjangkit manusia yang disebabkan oleh hewan, diduga Novel Coronavirus ini masuk kedalam tubuh manusia melalui makanan atau kontak dari hewan tersebut.

Sejumlah laporan penelitian menyatakan pasien yang dirawat adalah penjual dan pembeli di pasar grosir makanan laut lokal yang juga menjual daging olahan seperti keledai, unggas, babi, domba, rubah, unta, tikus, musang, landak, reptil, kodok, burung, kelinci, ular, hingga kelelawar di daerah Wuhan, China. Dan berikut adalah hewan yang dituduh menyebarkan Virus berbahaya ini:

  1. Kelelawar

Hewan terbang satu ini merupakan terduga utama penyebar virus corona, kelelawar memang dapat dijadikan olahan makanan seperti sup kelelawar, hewan yang aktif pada malam hari ini diduga menjadi inang dari virus yang menggegerkan dunia ini. Banyak peneliti yang menyarankan untuk tidak mengkonsumsi olahan kelelawar terlebih dahulu, namun masih terdapat masyarakat yang mengkonsumsi sup kelelawar.

  1. Ular

Selain kelelawar, hewan lainya yang diduga menjadi penyebab virus corona adalah ular. Para ahli menduga, hewan reptile satu ini ikut andil dalam menyebarkan virus berbahaya ini. Tidak jauh berbeda dengan kelelawar, manusia juga bisa terkena virus corona dari olahan daging ular, karena salah satu dugaan masuknya virus ini ke tubuh manusia adalah melalui makanan.

  1. Trenggiling

Selain ular dan kelelawar, akhir – akhir ini banyak berita yang menyebutkan trenggiling juga menjadi penyebar Novel Coronavirus walaupun hewan yang satu ini adalah tergolong hewan yang dilindungi, namun banyak orang yang mengkonsumsi hewan ini sebagai makanan serta obat, hal ini ditambah dengan penelitian yang menyatakan sample Novel Coronavirus dari trenggiling identik dengan sample virus corona yang menjangkit manusia.

Itulah beberapa hewan yang dituduh menjadi penyebab virus corona menjangkit manusia, jika diamati penyebarannya,  virus ini diduga dari makanan yang berasal dari olahan daging hewan diatas, dan alangkah baiknya saat ini untuk tidak mengkonsumsi makanan tersebut sampai dapat dipastikan penyebab dari virus corona.

Email Print