Enam Tips Hemat Ala Mahasiswa

Menjadi mahasiswa berbeda dengan masa SMA. Saat kuliah, kamu dituntut untuk menjadi mandiri, apalagi untuk mahasiswa pendatang yang harus tinggal di kos. Semuanya serba dilakukan sendiri tanpa bantuan orang tua, termasuk dalam mengatur uang bulanan dari orang tua. Pernahkah kamu merasa bahwa uang bulanan kurang? Apakah jumlahnya yang benar-benar kurang atau kamunya saja yang tidak bisa mengatur keuanganmu?

Ada beberapa tips untuk mahasiswa dalam mengatur uang bulanan agar lebih hemat lagi dan bertahan hingga akhir bulan. Seperti apa tipsnya?

  1. Jangan takut dibilang pelit

Dalam kehidupan mahasiswa, sering sekali ada kalimat “eh, traktir dong” atau “pinjem duit dulu ya, buat bayaran kuliah” dan lain sebagainya. Nah, kamu jangan terlalu dermawan ketika menghadapi teman-teman seperti ini. Jangan takut dibilang pelit, karena kamu juga belum mempunyai penghasilan sendiri.

  1. Berhemat dalam transportasi

Transportasi bisa memakan porsi uang bulanan tersendiri. Jika kamu bisa menempuh perjalanan ke kampus jalan kaki atau kendaraan umum, maka biaya transportasi akan menjadi lebih kecil.

  1. Selalu ada diskon mahasiswa

Ini adalah salah satu yang harus kamu perhatikan, banyak tempat yang menawarkan diskon mahasiswa seperti tempat makan hingga salon. Manfaatkan promo-promo tersebut untuk memenuhi kebutuhanmu, sehingga budgetmu akan tetap hemat walaupun sedikit.

  1. Melakukan apa-apa sendiri

Mencuci baju, membersihkan kamar sebenarnya bisa dilakukan sendiri asal kamu mempunyai niat. Jangan terlalu menggantungkan hidup pada laundry dan lain sebagainya. Mumpung masih mahasiswa, kamu punya banyak waktu dalam seminggu untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan ini.

  1. Cari side job

Jika kamu mampu memanfaatkan waktu, kamu juga bisa mencari side job. Bekerja di kafe atau di rental misalnya, kamu bisa mendapatkan sedikit tambahan untuk keuanganmu.

  1. Jaga kesehatan

Ingat, biaya rumah sakit itu mahal. Untuk itu kamu harus pintar-pintar untuk menjaga kesehatan. Gampang kok, misalnya kamu setia menggunakan Antis Lucky Charm untuk mengurangi risiko kuman masuk ke tubuh. Bentuknya yang praktis dan bisa digantung di tas membuatmu lebih gampang membawanya setiap hari.

Bagaimana menurutmu? Apakah kamu sudah melakukan salah satu dari tips di atas? Kalau belum, yuk lakukan satu-satu. Share artikel ini ke teman-teman mahasiswamu juga ya agar mereka juga ikutan berhemat.

Email Print