Fakta Makanan Pedas Yang Perlu Kamu Tahu

Apakah kamu termasuk orang yang suka makan pedas? Indonesia memang terkenal dengan sambalnya, mulai dari sambal mentah, terasi, matah, goreng dan lain sebagainya. Bahkan makanan kurang terasa lengkap tanpa sambal. Makanan pedas juga bikin ketagihan dan memancing orang untuk menambah porsi makannya.

Berbagai kuliner nusantara juga mengedepankan rasa pedas dalam pembuatannya. Masakan Padang dan Manado yang rata-rata pedas, tahu gejrot Cirebon, oseng-oseng mercon Yogya, dan lain sebagainya, merupakan bukti bahwa kuliner pedas punya peminatnya tersendiri. Ada juga kuliner yang menawarkan beberapa level kepedasan di makanannya. Di beberapa tempat juga menawarkan sambal sebagai oleh-oleh seperti Sambal Bu Rudy di Surabaya dan Sambal Roa di Makassar.

Fakta Konsumsi Makanan Pedas

Ternyata mengonsumsi makanan pedas pada dasarnya baik untuk kesehatan, jika tidak terlalu banyak. Nah apa saja fakta-fakta seputar makanan pedas yang perlu kamu tahu?

  1. Makanan pedas mampu mempercepat kerja sistem metabolisme. Makanya itu kamu akan lebih cepat untuk buang air besar setelah makan makanan pedas.
  2. Lidah yang kepedasan akan memancing otak untuk melepaskan beberapa bahan kimia untuk menenangkan diri kamu.
  3. Hati-hati ketika mengonsumsi makanan pedas berlebihan karena bisa menyakiti lambung, apalagi kalau kamu memiliki masalah dengan asam lambung. Jika kamu punya sakit maag, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan pedas.
  4. Makan pedas bisa bikin tidur nyenyak juga lho. Peneliti di Australia menyatakan kalau orang yang suka mengonsumsi makan pedas cenderung lebih mudah untuk tidur dan lebih segar saat bangun pagi.
  5. Makan pedas itu memacu adrenalin. Fakta ini berkaitan dengan kesehatan jantung. Kenapa begitu? Makanan yang pedas bisa mengurangi efek kolesterol jahat dan zat capsaicin di dalam cabai berguna mengurangi faktor risiko penyakit jantung.
  6. Cabai hijau mengandung antioksidan tinggi seperti teh hijau. Selain sebagai antioksidan, cabai hijau memiliki banyak vitamin C.
  7. Makan makanan pedas mampu menghilangkan flu yang mengganggu karena zat di dalam cabe membantu meningkatkan pengeluaran keringat.
  8. Cabai merah mampu meningkatkan level endorphin dan serotonin yang mampu menghilangkan nyeri dan memberikan perasaan nyaman.

Wah ternyata banyak juga ya manfaat di dalam makanan pedas. Jadi kamu bisa tetap makan pedas tanpa perlu khawatir berlebihan. Sebelum dan sesudah makan, jangan lupa ya semprotkan Antis Lucky Charm untuk mencegah risiko kuman masuk.

Email Print