Fakta Milenial di Dunia Kerja

Banyak yang bilang bahwa milenial adalah generasi yang pemalas dan narsis. Banyak juga yang memberi cap bahwa milenial adalah generasi yang serba instan. Apakah semua ini benar atau hanya asumsi saja?

Tahun lalu, World Economic Forum membahas tentang bagaimana milenial di dunia kerja. Berdasarkan survei dan penelitian yang dilakukan, ternyata 43% dari pekerja keras adalah milenial dan 57% ternyata merupakan generasi sebelumnya.

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, ternyata 70% dari milenial optimis melihat masa depan mereka dan ingin berkontribusi untuk negara. Bahkan menurut mereka persoalan-persoalan penting saat ini adalah perubahan iklim, konflik dan perang, kemiskinan serta konflik antar agama.

Milenial di Kantor

Apakah milenial adalah generasi yang suka berpindah tempat kerja? Mungkin kamu bisa menarik kesimpulan dari angka survei ini, di mana 54% menilai gaji adalah hal penting yang dicari dalam pekerjaan mereka. Selain itu menurut mereka, pengembangan karir, tujuan dan keseimbangan hidup termasuk penting. Untuk itu ketika milenial ditawari pindah tempat kerja dengan peningkatan karir atau hidup yang lebih seimbang, mereka cenderung akan berpikir lebih singkat.

Terlahir di era tekonologi yang sudah maju, mereka sangat akrab dengan penggunaan teknologi, bahkan sudah sangat familiar dengan digital dan media sosial. Tak jarang mereka bercita-cita untuk menjadi vlogger, youtuber hingga content creator. 64% dari milenial ternyata memanfaatkan teknologi untuk pekerjaan mereka dan karir. Mereka juga menganggap bahwa tekonologi akan sangat berguna untuk mereka saat belajar, traveling atau memenuhi gaya hidup.

Milenial cenderung untuk berani bekerja di tempat-tempat yang baru, tidak hanya perusahaan-perusahaan yang sudah mempunyai nama yang melegenda. Tak jarang untuk start-up misalnya, diisi oleh barisan milenial. Beberapa dari mereka berpikir bahwa dengan masuk ke perusahaan baru, maka work title yang mereka dapatkan juga akan tinggi.

Tak jarang juga milenial berani untuk menjadi wirausaha. Banyaknya pengusaha muda menjadi angka yang baik untuk kemajuan negeri, artinya mereka membuka lapangan kerja yang lebih banyak. Milenial juga umumnya lebih peduli pada kesehatan, misalnya asuransi sejak dini. Tak cuma itu, hand sanitizer seperti Antis Lucky Charm juga menjadi salah satu barang yang wajib mereka bawa ke mana-mana.

Banyak yang menarik seputar milenial. Namun mau bagaimana pun juga, milenial era ini adalah harapan bangsa di masa depan. Untuk itu, jadilah milenial yang produktif dan berprestasi!

Email Print