Hal-Hal Yang Dirasakan Anak Rantau Saat Kuliah di Minggu Pertama

Jadi anak rantau memang terkesan menantang di dunia perkuliahan. Pertama, kamu akan menghadapi dunia yang berbeda dengan lingkungan yang selama ini kamu jalani. Kedua, kamu akan lebih ditantang untuk cepat beradaptasi dan belajar tentang hal baru. Namun ada beberapa hal yang sebenarnya dirasakan oleh anak rantau, apalagi di minggu-minggu pertama. Apa saja sih?

  1. Bebas sih dari orang tua, tapi minggu pertama kangen dengan orang tua

Untuk kamu yang terbiasa hidup dengan aturan rumah, pasti merasakan hal yang berbeda ketika jauh dari orang tua. Mungkin sesaat merasakan senang, namun rutinitas bersama orang tua membuat kamu merasa ada yang aneh ketika tidak ada orang tua.

  1. Kesepian karena belum punya teman

Sebagai anak baru di daerah yang asing, membuatmu mempunyai lebih sedikit atau bahkan tidak ada teman. Kondisi seperti ini pasti akan lebih membuatmu merasa kesepian.

  1. Perasaan takut nyasar

Beda daerah, beda budayanya, beda lalu lintasnya. Meskipun mungkin kamu sudah mempunyai kendaraan sendiri, ternyata kamu masih takut-takut untuk menjelajah daerah baru di minggu pertama karena takut nyasar. Akhirnya kamu hanya pergi mencari makan di daerah sekitar, kemudian kembali ke kos.

  1. Bingung mau kemana

Karena tidak tahu tempat dan juga rekomendasi bepergian, kamu jadi bingung mau ke mana. Untuk itu sebaiknya rajinlah bersosialisasi di minggu pertama, supaya kamu tidak bingung mau kemana karena mendapatkan banyak rekomendasi.

  1. Malu-malu kenalan dengan teman kos

Anak kos baru biasanya malu untuk kenalan jika disengaja. Padahal dengan berkenalan dengan teman-teman baru di kos, kamu bisa mendapatkan lebih banyak info mengenai daerah sekitar.

  1. Cemas, apalagi kalau jomblo

Ada perasaan cemas berada di lingkungan baru, yang mungkin terjadi karena tidak ada teman bercerita. Apalagi kalau kamu jomblo, tambah bingung lagi mau berbagi cerita pada siapa kan.

  1. Kangen kasur rumah

Tidak ada yang lebih nyaman daripada kasur di rumah. Itu yang menyebabkanmu mungkin sulit tidur di minggu-minggu pertama.

Buat yang anak rantau, bener gak sih hal-hal di atas kamu rasakan di minggu pertama? Kalau ada hal lain, share dong. Yang penting, anak rantau harus tetap jaga kesehatan meskipun jauh dari orang tua, rajin membersihkan kamar, menggunakan Antis Hand Sanitizer yang dapat menjauhkanmu dari kuman penyebab penyakit, hingga makan yang teratur.

Email Print