Hal-Hal Yang Harus Kamu Lakukan Saat Melamar Pekerjaan

Di jaman yang serba digital ini, mencari informasi tentang lowongan kerja lebih mudah daripada 10 atau 15 tahun yang lalu. Dengan munculnya berbagai situs lowongan kerja online, kamu bisa mendapatkan ratusan informasi mengenai lowongan kerja setiap harinya. Apa lagi dengan keberadaan situs online ini, kamu pun bisa melamar langsung di website itu.

Dengan kemudahan ini, maka semakin banyak juga orang yang memanfaatkan situs online ini untuk melamar pekerjaan. Artinya, kamu punya lebih banyak saingan dalam mendapatkan pekerjaan. Banyaknya saingan membuatmu harus mempersiapkan diri dengan lebih baik lagi, agar nantinya dilirik oleh recruiter. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat melamar pekerjaan, apa saja itu?

  1. Persiapkan keterangan terbaru tentang dirimu

Kamu harus bisa mempersiapkan segala keterangan terbaru tentang dirimu, misalnya curriculum vitae, portfolio, sertifikat, video atau dokumentasi apapun. Rangkum dalam beberapa file yang siap dilampirkan saat melamar pekerjaan. Intinya, kamu harus menawarkan apa yang menjadi keunggulanmu dibandingkan pelamar kerja lain. Ini juga berlaku bagi pelamar yang baru saja lulus kuliah maupun yang sudah pernah bekerja.

  1. Pelajari tentang perusahaan yang akan kamu lamar

Ingat, jangan melamar suatu pekerjaan yang kamu tidak mengerti. Kamu akan mengalami kesulitan saat sesi interview. Pelajari baik-baik mengenai apa yang dibutuhkan oleh perusahaan, perusahaan bergerak di bidang apa dan bagaimana tentang perkembangannya saat ini. Beberapa situs online sudah menyertakan informasi tentang company review untuk menjadi pertimbanganmu sebelum melamar pekerjaan.

  1. Cek semua tentang dirimu secara online

Dengan mudahnya kamu menemukan lamaran kerja secara online, maka dengan mudah juga recruiter menemukan informasi lebih tentang dirimu secara online. Salah satu yang dilihat adalah situs pribadi (jika ada) dan media sosial.  Representasikan diri secara baik di media sosial, agar kamu dilihat berkepribadian yang baik oleh recruiter.

  1. Percaya diri dan tetap fit

Percaya diri menjadi salah satu persiapan yang sangat penting. Ketika kamu melamar kerja dan kamu merasa sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, maka percaya dirilah. Bahkan ketika kamu sudah memasuki sesi interview, maka kamu perlu menebarkan aura positif dengan cara percaya diri. Selain itu, kamu perlu menjaga tubuh agar tetap fit. Tidak mungkin kan kamu terlihat sakit di saat sesi interview? Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Antis Hand Sanitizer sebelum dan sesudah beraktivitas. Dengan begitu, kuman dari luar tidak akan masuk ke tubuh melalui tangan.

Mencari pekerjaan saat ini cukup sulit untuk itu meluangkan waktu untuk persiapan adalah hal yang baik. Apakah artikel ini berguna untuk kamu? Yuk bagikan artikel ini!

Email Print