Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Kuliah Kerja Nyata

Kuliah Kerja Nyata atau yang sering disingkat dengan KKN memang rata-rata menjadi program wajib di kuliah sebelum lulus. KKN ini dimaksudkan agar mahasiswa mampu terjun langsung dan bersosialisasi di tengah kehidupan bermasyarakat. Untuk itu KKN biasanya dilakukan dalam waktu sebulan hingga tiga bulan. Tempatnya pun seringkali berada di luar kota, sehingga mau tidak mau kamu harus cepat beradaptasi dengan situasi yang dihadapi.

Menghadapi lingkungan dan masyarakat yang baru, tentunya kamu perlu persiapan. Dengan bahasa yang mungkin berbeda, adat yang berbeda, mata pencaharian hingga tingkatan edukasi yang berbeda membuatmu harus mempersiapkan semua dengan matang. Seperti apa sih persiapan sebelum KKN ini?

  1. Mengubah kebiasaan buruk

Kamu pastinya punya kebiasaan-kebiasaan tertentu di kos atau rumah, apalagi kebiasaan buruk seperti bangun telat, malas bersih-bersih rumah, tidak mencuci piring setelah makan dan lain sebagainya. Nanti di saat KKN, kebiasaan ini perlu dihilangkan. Pastinya kamu akan merasa malu jika kamu bangun lebih telat dari teman-teman yang lain. Kebiasaan buruk di kampus pun perlu dihilangkan, seperti lambat mengumpulkan laporan, datang terlambat ke rapat kampus. Di tempat KKN ada masanya kamu berkumpul di rapat desa atau mengajukan proposal hingga laporan ke pemerintah desa setempat.

  1. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi

KKN membuat kamu akan terjun langsung dan berinteraksi dengan masyarakat luas. Untuk itu kamu perlu meningkatkan kemampuan berkomunikasi lebih baik lagi. Penggunaan diksi dan intonasi yang sopan diperlukan ketika kamu bersosialisasi dengan masyarakat di sana, apa lagi ketika kamu diharuskan untuk menjalin relasi dengan para pejabat daerah setempat.

  1. Meningkatkan sistematika berpikir dan analisa

Mengapa hal ini dianggap penting? Di saat KKN, mau tidak mau kamu akan menyusun sebuah proposal, report dan dokumen lainnya. Di sini kamu akan ditantang untuk mencari solusi atas masalah daerah setempat. Nah di sini kamu harus memiliki jalan pikir yang runtut dan solutif, termasuk di saat perencanaan hingga realisasi

  1. Membawa peralatan yang perlu untuk dibawa

Nah, di saat KKN kamu wajib untuk membawa peralatan-peralatan penting seperti pakaian, peralatan mandi, alat tulis, kamera, hingga Antis Lucky Charm. Menggunakan pakaian yang sopan saat kamu tinggal di daerah KKN itu penting. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan dengan rajin mandi dan selalu menjaga tangan tetap higienis dengan hand sanitizer. Kamu akan sering bekerja di luar ruangan, di mana banyak kuman di luar sana.Untuk itu kamu tetap harus waspada dan meminimalisir risiko terjankit penyakit.

Dengan mempersiapkan empat hal ini, berarti kamu sudah bisa menyesuaikan situasi di KKN. Kamu punya tips lain untuk mempersiapkan KKN? Coba share pengalamanmu ya.

Email Print