Hand Sanitizer Terbukti Efektif Membunuh Virus Corona di Tangan

Antisantikuman.com – Memasuki fase new normal, masyarakat Indonesia harus terbiasa dengan kebiasaan baru di tengah aktifitasnya. Seperti mematuhi beberapa protokol Kesehatan yang ada dengan cuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, dan lainnya. Selain itu, penggunaan hand sanitizer juga disarankan jika tidak ada air dan sabun. Hand sanitizer dipercaya efektif membunuh virus corona di tangan.

Mengapa Hand Sanitizer Efektif?

Penularan virus covid-19 ini sangat cepat, hanya melalui tetesan liur yang mengenai bagian tubuh seperti wajah, atau bisa juga menempel pada benda sekitar lalu di sentuh orang lain.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk selalu menjaga kebersihan tangan saat beraktivitas di luar rumah, dan hand sanitizer merupakan pembersih yang lebih praktis dan efektif serta mudah digunakan di mana pun atau kapan pun, apalagi jika sedang tidak ada tempat untuk cuci tangan.

Disarankan menggunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol minimal 60%, lebih tinggi lebih baik. Kandungan alkohol itulah yang efektif untuk membunuh virus, kuman, dan bakteri yang menempel. Selalu gunakan alat pembersih tangan ini setelah menyentuh benda di tempat umum seperti gagang pintu, meja, tombol lift, dan lainnya.

Efektif Jika Kandungan Alkohol 60 Persen

Seperti yang telah disebut di atas, hand sanitizer yang efektif untuk membunuh virus yaitu dengan kandungan alkohol 60 %. Hal tersebut telah dibuktikan oleh beberapa penelitian dan semakin tinggi kadar alkoholnya, semakin baik cairan pembersih tersebut dalam membunuh kuman. Karena jika kamu menggunakan yang kandungan alkoholnya di bawah 60 %, itu hanya mampu mengurangi pertumbuhan virus aja.

Harus Digunakan Hingga Kering

Penggunaan hand sanitizer yang benar adalah dengan menyemprot atau mengoleskannya pada tangan lalu gosokkan secara merata ke seluruh tangan hingga sela – sela jari. Setelah itu biarkan hingga benar – benar mengering, karena jika tidak kering lalu tertelan, kamu bisa saja keracunan.

Apalagi anak – anak yang memakainya, sebagai orang tua kamu harus memberikan pengawasan lebih untuk memastikannya benar – benar kering dan tidak tertelan.

Sudah terbukti kan hand sanitizer itu efektif untuk membunuh virus. Oleh karena itu, selalu sedia pembersih tangan ini di kantong mu saat pergi beraktifitas di luar. Jangan lupa juga memakai masker dan menjaga jarak. Stay safe ya.

Email Print