Hand Sanitizer Tetap Aman Digunakan Sebelum Makan
hand sanitizer

Antisantikuman Tampaknya, kini semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya menjaga kebersihan tangan. Hal ini terjadi sejak merebaknya wabah virus corona yang melanda berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Demi terhindar dari paparan virus corona, maka salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan rajin mencuci tangan.

Kebiasaan mencuci tangan, kini semakin dimudahkan dengan hadirnya hand sanitizer. Cukup dengan menuangkan beberapa tetes cairanĀ  saja ke telapak tangan, maka tangan bisa langsung bersih dan terbebas dari kuman. Kebiasaan seperti ini umumnya sering dilakukan sebelum makan. Lebih simpel dan praktis memang jika dibandingkan dengan mencuci tangan menggunakan air dan sabun.

Namun, apakah pemakaian hand sanitizer ini tetap aman digunakan sebelum makan? Pasalnya, hand sanitizer mengandung sekitar 60% alkohol yang berfungsi untuk membunuh kuman. Nah, dengan kandungan alkohol yang tinggi di dalamnya, apakah aman jika digunakan sebelum makan? Untuk mendapatkan jawabannya, mari cari tau lewat ulasan berikut ini!

Cara Memakai Hand Sanitizer Agar Tetap Aman Digunakan Sebelum Makan

Hand sanitizer adalah cairan antiseptik yang dipercaya mampu membunuh kuman di tangan tanpa perlu mencuci tangan terlebih dahulu. Hand sanitizer tersedia dalam bentuk cair dan juga gel. Produk ini mampu membunuh kuman karena ada kandungan alkohol berupa etanol di dalamnya. Etanol dianggap efektif untuk membunuh berbagai jenis mikroba. Oleh karena itu, hand sanitizer cukup efektif untuk membersihkan tangan dari berbagai kuman.

Meski demikian, para ahli lebih menyarankan untuk tetap mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir dibandingkan memakai hand sanitizer sebelum makan. Hal ini karena hand sanitizer tidak bisa membasmi semua jenis kuman, tidak dapat menghilangkan semua bahan kimia berbahaya yang menempel pada tangan, serta kurang efektif untuk membersihkan tangan yang kotor.

Hand sanitizer sebaiknya hanya digunakan saat Kamu sedang berada pada kondisi yang tidak memungkinkan untuk mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun. Dalam kondisi tersebut, pakailah hand sanitizer yang mengandung minima 60% alkohol. Tapi, jika Kamu tidak merasa kesulitan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air, maka jangan malas melakukannya. Karena, sabun dan air lebih efektif untuk membersihkan tangan kotor.

Selain itu, perlu diketahui bahwa penggunaan hand sanitizer juga harus dilakukan dengan cara yang benar. Berikut langkah pemakaian hand sanitizer dengan baik dan benar:

  1. Tuang hand sanitizer ke telapak tangan dengan jumlah banyak agar bisa membasahi tangan ketika digosok.
  2. Gosok cairan hand sanitizer secara perlahan minimal selama 20-30 detik.
  3. Pastikan bagian telapak tangan, kuku, dan sela-sela jari bersih seluruhnya.
  4. Jangan bilas tangan dengan air ataupun mengeringkannya menggunakan handuk setelah mengaplikasikan hand sanitizer. Diamkan saja sampai tangan mengering dengan sendirinya.
  5. Perlu untuk diperhatikan bahwa hand sanitizer tidak boleh digunakan saat tangan sedang mengalami luka, sebab bisa menyebabkan tangan iritasi. Sekain iu, jangan pula menggunakannya untuk membersihkan sisa-sisa makanan.

Cara pemakaian hand sanitizer yang benar sangat berguna untuk membantu membunuh kuman-kuman yang menempel pada tangan. Nah, buat kamu yang punya mobilitas yang tinggi sehingga tidak sempat mencuci tangan sebaiknya selalu membawa Antis Hand Sanitizer yang terbukti ampuh membunuh kuman dan bakteri yang menempel di tangan.

Email Print