Hidup Hemat Ala Anak Kos Tetap Harus Sehat
hidup hemat anak kos

Antisantikuman Sudah bukan rahasia lagi jika hidup mahasiswa anak kos sering kali berantakan dan awut-awutan. Di antara tugas demi tugas yang datang menghadang, kegiatan organisasi yang harus diikuti, hingga kekasih yang harus segera ditemui, rasa-rasanya sudah tidak banyak lagi waktu tersisa untuk memperhatikan diri. Alhasil kesehatan pun yang sering kali harus menjadi korban. Padahal, hidup hemat pun tetap bisa sehat, kok!

Jaga daya tahan tubuh!

Agar tidak cepat sakit, daya tahan tubuh harus selalu dijaga. Agar tetap memiliki energi untuk menjalankan beragam aktivitas harian, sarapan jangan sampai terlupakan. Jika perlu, konsumsi vitamin dan suplemen. Tak perlu mahal-mahal, selama cukup untuk memenuhi gizi harian juga tak mengapa. Toh, jika sampai jatuh sakit, uang yang akan dikeluarkan juga semakin besar dibanding uang yang harus dikeluarkan untuk membeli sarapan, kan?

Jangan lupa istirahat!

Meski sudah sarapan atau mengonsumsi suplemen secara berkala, daya tahan tubuh tetap akan turun jika tidak dibarengi dengan istirahat yang teratur. Justru karena ingin berhemat, waktu yang ada perlu diatur untuk menjaga agar badan tetap fit. Jika memungkinkan, luangkan beberapa saat untuk beristirahat dan tidur yang cukup di malam hari. Jadi, tubuh akan segar di keesokan pagi!

Jaga selalu kebersihan!

Karena ada banyak hal yang harus diurusi, kadang kebersihan diri dan juga kamar kos menjadi prioritas kesekian. Apalagi saat sudah mulai masuk musim ujian. Tidak jarang sampah terpaksa harus dibiarkan menumpuk dan kamar berubah berantakan seperti kapal pecah. Jika diteruskan, tak aneh jika lama-lama kamar kos berubah menjadi sarang kuman dan penyakit. Pastikan untuk menjaga agar kamar tetap bersih, letakkan kembali setiap benda setelah digunakan dan secara berkala sapu serta lap agar debu tidak menebal.

Selain itu, agar kuman-kuman penyakit tidak mudah datang dan masuk ke dalam tubuh, biasakan untuk mencuci tangan baik sebelum maupun sesudah beraktivitas, terutama sebelum dan sesudah makan. Jika kebetulan tempat mencuci tangan terlalu jauh dari kamar, padahal tugas berikutnya sudah mengantri untuk dikerjakan, siapkan saja larutan antiseptik seperti Antis yang dapat digunakan kapan saja untuk membunuh kuman dengan cepat. Mudah, bukan?

Email Print