Ternyata Ada Segudang Hikmah Dibalik Wabah Virus Corona
Hikmah virus corona

Antisantikuman Cepatnya penularan Covid-19 membuat hampir semua orang di seluruh dunia dilanda kepanikan. Pasalnya, penyakit ini dapat menghilangkan ribuan jiwa, serta-merta mengubah kondisi ekonomi di Indonesia dan beberapa negara yang terjangkit virus Corona. Namun, beberapa ilmuwan menyatakan bahwa wabah ini memberikan dampak positif pada lingkungan dan kehidupan manusia.

Covid-19 tergolong dalam penyakit yang mematikan, sudah lebih dari puluhan ribu jiwa yang tercatat meninggal. Oleh karena itu, beberapa negara melakukan upaya untuk menurunkan tingkat penularan virus. Salah satunya, dengan melakukan aktivitas di rumah dan mengurangi sosialisasi. Hal ini tentu saja menuai pro dan kontra, tapi juga memberikan pengaruh yang baik.

Dampak Positif Adanya Virus Corona

Jangan terlalu dibawa panik yang berlebihan, berikut ini hikmah dari adanya wabah Covid-19 yang bisa disyukuri.

  1. Masyarakat Lebih Sadar Kesehatan

Virus corona dapat menyebar dengan cepat memalui udara, bahkan melalui sentuhan tidak langsung. Seseorang dengan imunitas tubuh rendah lebih rentan terjangkit virus ini. Hal ini membuat sebagian besar masyarakat semakin peduli dan sadar akan kesehatan diri sendiri dan keluarga.

Meskipun melakukan semua aktivitas di rumah, banyak orang yang tetap meluangkan waktu untuk berolahraga. Kegiatan ini diimbangi dengan mengkonsumsi makanan sehat dan kaya akan gizi. Bukan hanya itu, masyarakat juga menerapkan hidup bersih. Salah satunya dengan menerapkan kebiasaan mencuci tangan.

  1. Warga Dunia Kompak Saling Membantu

Sebelumnya, belum pernah ditemui kerjasama berskala global. Akan tetapi, adanya wabah ini membuat warga dunia saling membantu untuk menaklukan Covid-19. Bencana ini mampu menyatukan semua orang yang tinggal di bumi, tanpa memandang ras, suku, atau kepercayaan.

Sebagian besar negara di dunia mengalami kondisi ekonomi yang tidak stabil. Di Indonesia sendiri angka pengangguran mengalami peningkatan. Hal ini mendorong kepedulian masyarakat kalangan menengah ke atas untuk membantu meringankan beban kalangan menengah ke bawah.

Baca Juga : Lakukan Kegiatan ini Biar Gak Bosen di Rumah Aja

  1. Melakukan Banyak Hal Positif yang Sempat Tertunda

Sebelum wabah corona melanda, mungkin orang-orang memilih menghabiskan waktu di luar. Hampir tidak memiliki kesempatan menyalurkan hobi atau mengasah kemampuan. Dengan adanya aturan dilarang keluar rumah apabila tidak terlalu penting, tentu membuat waktu menganggur jadi lebih banyak.

Kondisi ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan yang sempat tertunda. Apabila dulu tidak sempat membaca buku favorit, membuat kerajinan tangan, memasak, atau yang lainnya. Kini dengan terus berada di rumah, seseorang dapat mengisi kebosanan selama masa karantina dengan melakukan aktivitas yang disenangi.

  1. Kondisi Lingkungan Membaik

Selama masa karantina, jalan raya tampal lebih sepi dari hari normal. Kemacetan pun jarang dilihat saat ini. Hal ini membuat udara lebih bersih karena asap dari kendaraan yang menyebabkan polusi menurun. Bagi yang tinggal di kota besar, dapat dilihat perbedaannya. Langit terlihat berwarna biru bersih tanpa awan kotor yang menggumpal.

Sampah di tempat umum yang biasanya terlihat berserakan, saat ini sudah jarang terlihat. Penutupan tempat wisata dan pusat perbelanjaan juga menurunkan permintaan jumlah kantong plastik. Itu artinya sampah plastik juga pasti tidak akan banyak ditemukan. Hal ini tentu saja mempengaruhi kondisi lingkungan menjadi lebih baik.

  1. Menurunnya Konsumsi Bahan Bakar Minyak

Hampir tidak ada aktivitas di luar rumah, sehingga sebagian besar orang jarang menggunakan kendaraan pribadinya. Menurunnya mobilitas masyarakat seperti saat ini turut membantu menghemat Bahan Bakar Minyak (BBM). Minyak yang dihasilkan dari perut bumi ini merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Permintaan BBM yang menurun selama masa karantina ini membantu penghematan cadangan minyak bumi setidaknya dalam beberapa waktu ke depan. Apalagi beberapa tahun terakhir ini, beredar isu bahwa minyak bumi diprediksi habis pada tahun 2030.

Musibah yang menimpa umat manusia tidak selalu memberikan dampak negatif. Contohnya, virus corona yang sudah menjadi panemic global saat ini, ternyata banyak pula memberikan banyak dampak positif, terutama bagi kondisi lingkungan dunia.

Demi mencegah penularan virus corona, sangat disarankan untuk mencuci tangan sebelum dan juga sesudah melakukan aktivitas. Jika berpergian, jangan lupa untuk selalu membawa Antis Hand Sanitizer supaya kebersihan tangan tetap terjaga.

Email Print