Ini Bahayanya Kalau Jarang Cuci Tangan
cuci tangan

Cuci tangan memang terdengar remeh, tapi kebiasaan sederhana ini dapat melindungi seseorang dari serangan berbagai penyakit yang disebabkan oleh kuman, bakteri, atau virus. Akan tetapi, kesadaran akan kebersihan dan mencuci tangan masih sangat rendah.

Sumber penyakit dapat berasal dari mana saja. Tangan merupakan perantara utama penularan suatu penyakit. Hal ini karena tangan melakukan kontak langsung dengan benda yang mengandung kuman penyebab penyakit. Oleh sebab itu, membiasakan cuci tangan sangat penting terutama sebelum dan sesudah makan.

Resiko Gangguan Kesehatan Jika Jarang Mencuci Tangan

Mengabaikan cuci tangan dapat meningkatkan resiko tubuh mudah terserang penyakit. Mulai sekarang biasakan mencuci tangan agar terhindar dari penyakit-penyakit seperti berikut ini.

  1. Terserang Flu dan Batuk

Penyakit yang umum terjadi karena penularan yang sederhana dan cepat. Umumnya, seseorang yang terserang flu reflek menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk. Lalu, penderita tersebut tidak mencuci tangan dan langsung menyentuh benda-benda di tempat umum.

Orang lain yang menggunakan fasilitas umum tersebut dapat tertular virus penyebab flu. Selain itu, kontak langsung dengan penderita juga dapat menularkan penyakit Seperti contohnya ketika salaman. Untuk mengurangi resiko penularan, sebaiknya biasakan cuci tangan saat beraktivitas terutama saat di luar ruangan.

  1. Terkena Diare

Jumlah kematian anak-anak di seluruh dunia paling banyak disebabkan oleh diare. Faktor utama penyebab penyakit ini adalah lingkungan yang kotor. Apalagi tidak membiasakan mencuci tangan lebih mudah tertular bakteri E. coli. Bakteri ini berasal dari kotoran manusia, jadi biasakan juga mencuci tangan setelah menggunakan toilet.

Bakteri E.coli dapat dengan mudah berpindah ke tangan. Jika tidak mencuci tangan sebelum makan, bakteri ini dapat masuk melalui pencernaan kemudian menyebabkan diare yang parah. Penderita diare akan menunjukkan gejala sering buang air besar berbentuk cair, biasanya disertai dengan darah dan sering muntah.

  1. Cacingan

Cacingan disebabkan oleh kuku kotor yang di dalamnya terdapat telur cacing. Ada empat jenis cacing perut diantaranya cacing gelang, cacing kremi, cacing tambang, dan cacing cambuk. Oleh sebab itu, para ibu dihimbau untuk mengajari anak-anak membiasakan cuci tangan sejak kecil.

Penyakit ini sangat rentan terhadap anak-anak. Cacing dalam perut tidak hanya menyerap darah, tapi juga memakan protein dan karbohidrat dalam tubuh. Nutrisi yang seharusnya memenuhi tubuh akan dihisap habis oleh cacing. Sehingga, penderita cacingan akan mengalami kurang gizi.

  1. Penularan Hepatitis

Malas mencuci tangan dapat menularkan virus penyebab hepatitis. Jenis penyakit ini mudah menular melalui udara dan makanan. Tidak hanya itu, virus penyebab penyakit ini dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan penderita. Hepatitis merupakan penyakit yang menyerang organ hati.

Selain itu, lingkungan yang buruk merupakan tempat endemi bagi virus penyebab hepatitis. Itulah pentingnya seseorang peduli terhadap kebersihan lingkungan. Gejala seseorang yang menderita hepatitis antara lain mudah lelah, kulit menguning, warna urine menggelap, sering mual, dan muntah.

  1. Infeksi Bakteri Salmonella

Infeksi salmonella merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Penyakit ini menyerang saluran pencernaan yaitu usus. Jenis bakteri ini dapat hidup di usus manusia atau binatang. Penyebaran dan penularannya terjadi melalui kotoran, makanan, ataupun minuman yang terkontaminasi.

Seseorang yang menderita salmonela akan menunjukkan gejala seperti keringat dingin, mual, muntah-muntah, dan diare. Untuk mengurangi resiko tertular penyakit ini, biasakan mencuci tangan sebelum makan dan setelah menggunakan toilet.

Banyak penyakit yang dapat ditularkan karena malas mencuci tangan. Oleh karena itu, saatnya membiasakan diri menjaga kebersihan dimulai dengan disiplin mencuci tangan menggunakan air dan sabun.

Kalau kamu sering berpergian, bisa membawa Antis Hand Sanitizer yang terbukti ampuh membunuh kuman dan bakteri. Selain itu, Antis Hand Sanitizer juga memiliki bentuk yang minimalis sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Email Print