Ini Cara Mahasiswa Atur Waktu Saat Kuliah

Selain kegiatan di kampus, mahasiswa biasanya juga mempunyai segudang kegiatan, entah itu panitia acara, organisasi, kerja paruh waktu dan lainnya. Dengan menjalani multi aktivitas seperti ini terkadang mahasiswa ini merasa sulit menjalankan semua beriringan. Sahabat Antis, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar kamu semakin pintar mengatur waktu saat kuliah. Disimak ya!

  1. Menyusun semua daftar aktivitas

Sekarang kamu bisa menyusun daftar aktivitas di note atau pun di aplikasi smartphonemu. Tulis apa saja yang ingin kamu lakukan dalam satu minggu ini, bagaimana deadlinenya, kapan harus mengerjakan dan lain sebagainya.

  1. Membawa tugas yang mudah dilakukan

Sebagai mahasiswa pasti kamu sering berpindah tempat, entah itu di kelas, di perpustakaan, di kantin atau di kafe. Bila kamu memiliki sedikit waktu luang, alangkah baiknya untuk mencicil tugas yang ringan-ringan terlebih dahulu. Hal ini berfungsi agar ketika deadline sudah dekat, bebanmu tidak terlalu berat.

  1. Belajar membuat prioritas

Coba belajar untuk menyusun prioritas. Kamu pasti sering menerima ajakan main dari teman-teman atau pacar. Nah, tidak semuanya harus kamu iyain. Cobalah untuk belajar mengatakan tidak ketika kamu mempunyai tugas yang banyak.

  1. Punya waktu khusus belajar

Pastikan kamu punya waktu khusus untuk belajar, terlebih di rumah. Waktu khusus ini bisa sekitar satu jam sehari atau misalnya dua setengah jam seminggu. Gunakan waktu ini untuk me-review apa yang sudah kamu pelajari seminggu terakhir.

  1. Punya porsi waktu beristirahat dan bersantai

Jangan sampai saking sibuknya, waktu istirahat dan bersantaimu menjadi kurang. Tubuh juga memerlukan istirahat dan juga perasaan rileks. Jika minggu ini kamu merasa kurang memiliki waktu istirahat yang baik, cobalah atur jadwalmu ulang di minggu depan.

Wah coba deh kamu praktekkan salah satu cara di atas atau bahkan semuanya. Pasti kamu akan lebih pintar lagi dalam mengatur waktu. Selain waktu yang dijaga, kamu juga perlu menjaga kesehatan supaya selalu mampu melakukan berbagai aktivitas. Penggunaan hand sanitizer seperti Antis Lucky Charm secara berkala misalnya akan meminimalisir kuman penyebab penyakit masuk ke tubuh. Yuk share artikel ini ke teman-teman kampusmu!

Email Print