Ini Caranya Membuat Slide Presentasi yang Menarik
slide presentasi yang menarik

Antis Bukan hanya mahasiswa, namun bagi karyawan pun rasanya sudah tidak asing lagi dengan presentasi. Baik digunakan untuk menyampaikan materi kuliah di kelas, rapat bisnis, pertemuan komunitas dan masih banyak kegiatan lainnya yang menggunakan presentasi sebagai media untuk menyampaikan sesuatu.

Karena itulah akan ada waktu pastinya dimana anda diharuskan untuk membuat presentasi di hadapan para audiens. Namun untuk membuat presentasi kita bisa disimak dengan baik, tentunya penting membuat presentasi yang menarik dan enak dilihat. Anda bisa mengikuti tips dibawah ini yang membantu slide presentasi bisa terlihat menarik di mata para audiens.

Minimalkan Jumlah Slide

Jika anda menggunakan banyak slide dalam presentasi anda, maka ini akan membuat audiens yang melihat akan bosan. Jika ingin membuat presentasi yang menarik, maka minimalkan jumlah slide anda. Penyampaian dan penjelasan adalah faktor utama yang penting dalam presentasi, bukan seberapa banyak jumlah slide yang digunakan. Kemampuan anda dalam menarik minat audiens adalah yang paling dibutuhkan

Gunakan Font Yang Mudah Dibaca

Jangan menggunakan font yang rumit yang malah tidak bisa dibaca oleh audiens. Akan lebih baik menggunakan font yang jelas dan mudah dibaca, seperti misalnya Arial atau Helvetica. Ini akan membantu menyampaikan pesan dalam presentasi yang anda buat. Hindari penggunaan font yang sempit dan menyertakan tepi bawah. Perhatikan pula apakah font tersebut tetap enak dibaca meskipun jarak jauh. Selain jenis font, ukuran font juga harus diperhatikan agar bisa dibaca meskipun dari jarak jauh.

Gunakan Poin dan Kalimat Singkat

Jangan menggunakan kalimat yang terlalu panjang atau bertele-tele dalam membuat presentasi. Jika anda ingin presentasi yang menarik, maka sebisa mungkin anda menggunakan poin atau kalimat yang singkat saja. Ini bertujuan agar audiens mendengarkan apa yang anda sampaikan dan tidak hanya fokus pada layar monitor saja. Kalimat yang terlalu panjang pasti akan mengganggu fokus audiens.

Tambahkan Label dan Grafik

Anda juga bisa menambahkan tabel dan grafik untuk membantu presentasi anda jadi terlihat menarik di mata audiens. Tabel dan grafik bukan hanya membantu agar lebih mudah dalam menyampaikan presentasi, namun juga membantu audiens jadi lebih mudah memahami apa yang anda jelaskan. Ini akan sangat baik karena menarik minat audiens terjadap presentasi anda

Perhatikan Pemilihan Warna Latar Belakang

Poin penting lainnya dalam membuat presentasi yang menarik adalah pemilihan warna latar belakang yang tepat. Gunakan warna latar belakang yang tetap halus dan juga konsisten sehingga audiens juga nyaman melihatnya. Jangan pilih yang terlalu mencolok yang membuat materi anda malah terlihat kabur. Gunakan template menarik namun jangan sampai terlalu menarik perhatian yang membuat audiens malah tidak fokus dengan penjelasan anda.

Mudah bukan untuk membuat slide presentasi yang menarik? Anda bisa menerapkan tips dan trik ini sehingga audience akan tertarik dengan presentasi yang Anda buat.

Email Print