Ini Dia 5 Pertimbangan Sebelum Benar-Benar Memilih Kuliah di Universitas Terbuka

Siapa yang tidak ingin masuk ke jenjang perkuliahan? Semua orang pasti punya keinginan seperti itu. Seiring berkembangnya jaman, sistem pendidikan pun juga mengalami perubahan. Siapa yang menyangka bahwa saat ini mulai banyak universitas terbuka yang hadir di Indonesia. Hadirnya model universitas ini karena ada pandangan bahwa kuliah bisa dilakukan secara fleksibel di mana saja dan kapan saja. Universitas terbuka menawarkanmu kuliah dengan fleksibel, mudah dan dengan harga yang lebih terjangkau. Apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum memilih universitas terbuka?

  1. Internet

Dengan sistem kuliah yang fleksibel, maka kamu diwajibkan untuk dapat melakukannya dengan fasilitas internet. Internet ini penting untuk dapat mengakses materi dan mengumpulkan tugas yang diberikan. Untuk itu, pastikan tempatmu punya koneksi internet yang baik.

  1. Mandiri

Karena kuliahmu dilakukan dari jarak jauh, maka di sinilah kemandirianmu diperlukan. Tidak adanya dosen yang bisa mengawasimu langsung, membuatmu harus belajar lebih banyak lagi untuk mengerti sebuah materi. Inisiatif belajar pun harus ada.

  1. Ingat tujuan kuliahmu

Universitas terbuka merupakan pilihan yang baik selama tujuan kuliahmu adalah untuk mendapatkan ijazah dalam negeri. Berbeda halnya jika tujuan kuliahmu adalah untuk mencari relasi, mendapatkan ilmu lebih serius dan lain sebagainya, maka kamu disarankan untuk memilih universitas biasa.

  1. Mengerjakan tugas sendiri

Di dalam sistem universitas terbuka, kamu akan melakukan apa-apa sendiri. Bahkan ketika kamu ditugaskan untuk mengerjakan tugas kelompok, kamu akan secara tidak langsung mengerjakannya sendiri secara fisik. Begitu pun tugas akhir, kamu hanya bisa mengandalkan internet dan cara lain yang bisa kamu lakukan sendiri.

  1. E-book

Orang Indonesia umumnya sudah sangat terbiasa dengan buku yang ada bentuk fisiknya. Nah, di universitas terbuka, materi, referensi dan modulmu akan berbentuk e-book. Sehingga ini bisa jadi mengubah kebiasaanmu membaca buku fisik ke buku elektronik.

Sudah melewati pertimbangan-pertimbangan ini? Kalau sudah, maka pilihlah universitas terbuka sebagai tempat studimu. Meskipun kamu bisa belajar dari rumah sekalipun, jangan lengah untuk menjaga kesehatan. Kuman tidak hanya ada di luar rumah saja, namun bisa di mana saja. Untuk itu, pastikan kesehatanmu tetap terjaga untuk bisa mengikuti semua proses perkuliahan di universitas terbuka. Minimal, jaga kebersihan tangan dengan Antis Hand Sanitizer supaya kuman tidak masuk ke tubuh dan menyebabkanmu sakit.

Email Print