Ini Dia Manfaat Makan Pakai Tangan Yang Perlu Kamu Tahu

Siapa yang suka makan menggunakan tangan? Di beberapa tradisi, makan pakai tangan mempunyai hubungan dengan aktivitas ritual. Namun, beberapa makanan memang enaknya disantap langsung menggunakan tangan. Makan nasi padang misalnya, terasa kurang nikmat jika disantap dengan sendok garpu.

Ada beberapa manfaat makan pakai tangan terkait dengan kesehatan. Pastinya kamu juga harus memastikan tanganmu bebas kuman dahulu sebelum makan. Tipsnya, bersihkan tangan dengan Antis Hand Sanitizer dan kuman akan mati dalam beberapa detik saja. Nah, apa saja manfaat makan pakai tangan, sih?

  1. Mencegah diabetes

Makan dengan bantuan sendok dan garpu berkorelasi membuat proses makan menjadi lebih cepat, dan menjadi sebuah kebiasaan yang mengakibatkan ketidakseimbangan gula darah dalam tubuh. Untuk itu, pencegahan diabetes bisa dimulai dengan kebiasaan makan dengan tangan.

  1. Membuat makan lebih lambat

Makan dengan tangan akan membuat proses makan lebih lambat. Hal ini baik untuk pencernaan karena dapat bekerja dengan lebih baik. Penelitian juga menemukan bahwa ketika tangan menyentuh makanan, saraf di ujung jari terangsang dan mengirim sinyal ke otak untuk menyuruh tubuh melepaskan cairan pencernaan. Ini memungkinkanmu merasa makanan lebih enak saat menggunakan tangan.

  1. Meningkatkan rasa kenyang

Ada penelitian yang membuktikan bahwa makan dengan tangan dapat meningkatkan rasa kenyang dibanding makan denhan sendok atau garpu. Pencernaan yang berjalan lebih baik membuat makanan terasa nikmat dan mengenyangkan.

  1. Merasakan suhu

Ketika kamu makan dengan sendok atau garpu, kamu tidak bisa memperkirakan suhu makanan. Kamu terkadang bisa merasakan panas terbakar di mulut karena makanannya terlalu panas. Dengan makan menggunakan tangan, kamu bisa memastikan dahulu suhu makananan tersebut nyaman saat masuk ke mulut karena akan dirasakan oleh ujung saraf di jari.

Nah ini dia beberapa manfaat makan dengan tangan. Namun, kamu tidak bisa seterusnya makan dengan tangan, karena ada beberapa acara formal yang memerlukanmu untuk menikmati makanan dengan sendok garpu. Setelah makan, jangan lupa ya untuk membersihkan tangan dengan Antis Hand Sanitizer.

Email Print