Ini Lho 5 Tempat yang Menjadi Sarang Kuman di Rumahmu

Rumah adalah tempat kita untuk beristirahat dan melepas lelah, namun rumah juga bisa menjadi sarang kuman bila kebersihanya tidak diperhatikan, tanpa kamu sadari ada beberapa tempat dirumahmu yang bisa menjadi sarang kuman. Dan berikut ini adalah 5 tempat yang dapat menjadi sarang kuman dirumahmu bila tidak dibersihkan :

  • Tempat Tidur & Sprei Yang Kotor

Ketika kamu capek beraktivitas, tidur ditempat tidur adalah hal yang sangat nyaman. Namun tahukah kamu bila tempat tidur atau sprei yang jarang dibersihkan bisa menyebabkan penyakit? Tanpa kamu sadari setiap minggu kamu membuang kulit mati saat kamu tidur dan kulit mati tersebut akan menjadi santapan utama dari tungau debu, jika dibiarkan tungau debu tersebut akan memberikan penyakit ke kamu contohnya, eksim, alergi & iritasi kulit. Alangkah baiknya kamu mencuci sprei kamu minimal satu kali dalam seminggu, hal ini akan membuat kamu terhidar dari penyakit diatas.

  • AC

Pernah gak kamu merasa sering sakit namun tidak tahu penyebab kamu sakit? Jika pernah mungkin kamu bisa memeriksa ac yang berada dirumah kamu sudah dibersihkan atau belum, jika belum ac tersebut bisa menjadi salah satu alasan kenapa kamu mengalami sakit yang tidak kamu ketahui penyebabnya. Alangkah baiknya kamu segera membersihkan ac agar terhindar dari berbagai penyakit.

  • Keset Kamar Mandi

Keset kamar mandi bisa menjadi salah satu tempat yang memiliki banyak kuman, hal ini disebabkan penempatannya yang biasanya dekat kamar mandi, dan kondisi keset tersebut yang kemungkinan lembab. Kelembaban dapat membuat kuman atau bakteri berkembang, mencuci keset kamar mandi minimal satu kali seminggu dapat membantu anda terhindar dari penyakit.

  • Laci Kulkas Yang Kotor

Rak & laci kulkas yang kotor dapat menjadi tempat selanjutnya untuk kuman berkembang, bakteri seperti E.Coli & salmonella dapat berkembang dan menyebabkan penyakit seperti sakit perut, keracunan makanan bahkan gagal ginjal, Untuk itu sebaiknya mencuci sayuran atau buah yang akan dimasukan kedalam laci kulkas sehingga kulkas tetap bersih sehingga sayuran serta buah menjadi segar.

  • Bulu Hewan Peliharaan

Kamu punya hewan peliharaan? Jika punya pasti kamu sangat menyayangi hewan peliharaan kamu, pasti terkadang kamu menyentuh bulu hewan tersebut atau mengelus – ngelusnya, namun bulu dari hewan peliharaan kamu berpotensi membuat kamu terserang penyakit. Bulu hewan terdiri dari mikroskopis kulit mati yang dapat menyebabkan bersin apalagi bagi penderita alergi. Untuk mengatasi hal ini kamu dapat membersihkan benda-benda yang bersentuhan dengan hewan peliharaan kamu.

Supaya kamu terlindung dari kuman biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer seperti antis. Dengan rutin mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas maka kamu bisa terhindar dari ancaman kuman si membawa penyakit.

 

Email Print