Ini Loh Tips Memilih Daging Olahan Yang Aman & Sehat

Antisantikuman – Daging adalah salah satu menu lauk pauk yang menjadi konsep 4 sehat 5 sempurna. Daging mempunyai tekstur yang padat dan memiliki banyak serat. Salah satu daging yang diminati banyak konsumen adalah daging sapi. Salah satu alasan daging sapi banyak diminati adalah mudah diolah kedalam bentuk masakan apapun.

Daging adalah sumber vitamin, khususnya Vitamin B serta mineral seperti Zat Besi, Zinc dan Fosfor, zat-zat tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh. Daging mempunyai banyak kandungan lemak, dan juga mempunyai kandungan protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan perkembangan tubuh.

Namun mengonsumsi daging secara berlebihan juga tidak dianjurkan karena dapat meningkatkan berat badan atau mengalami obesitas, selain itu dapat menimbulkan kadar kolesterol jahat yang dapat menimbulkan penyakit jantung. Oleh Sebab itu, jika kamu suka mengonsumsi daging, sebaiknya kamu perlu untuk memahami dan mengerti bagaimana cara mengolah daging, serta bagaimana cara memilih daging yang baik dan benar.

Olahan daging ada banyak jenis dan macamnya, tergantung bagaimana cara kamu menyajikanya, namun lebih baik kamu mengolah sendiri daging tersebut bukan membeli daging olahan cepat saji seperti sosis, daging asap, dan daging kemasan lainnya.

Tips Memilih Daging Segar

  1. Memperhatikan warna daging
    Ketika membeli daging, yang perlu diperhatikan adalah daging yang memiliki warna merah segar, daging merah segar tidak terlihat pucat dan kotor.
  1. Mencium Aroma daging
    Aroma gurih tanpa bau busuk atau amis adalah ciri-ciri daging yang segar, janganlah ragu untuk mencium aroma daging.
  1. Dari tekstur daging
    Ketika kamu sedang memilih daging, kamu bisa menekan daging tersebut untuk mengetahui tekstur daging, ciri-ciri daging segar jika ditekan akan kembali kebentuk semula. Namun jika permukaan daging terasa lembek, sebaiknya hindari karena daging tersebut sedang memasuki proses pembusukan.
  1. Jangan membeli daging beku
    Usahakan jangan membeli daging dalam kondisi beku, karena tingkat kesegaran yang berkurang, namun jika terpaksa membeli daging beku, pilihlah daging yang tidak terlalu banyak bunga esnya, karena daging dengan bunga es yang banyak adalah ciri salah satu daging yang sudah disimpan lama.
  1. Hindari daging yang berair
    Pernah mendengar daging gelonggongan ? daging gelonggongan adalah daging sapi yang berasal dari sapi yang dipaksa untuk meminum air kedalam tubuh dalam jumlah yang banyak, nah daging air yang berair adalah salah satu ciri dari daging sapi gelonggongan.

Setelah mendapatkan daging yang segar olahlah daging tersebut menjadi masakan seperti rendang, semur daging sapi, tongseng atau sate yang cukup aman dan sehat untuk dikonsumsi. Daging olahan yang segar tentunya akan mempengaruhi teksturnya pada saat dimasak dan dimakan, terasa empuk deh. Selain itu juga berpengaruh pada rasanya, karena bumbu-bumbu yang digunakan dapat meresap sempurna ke dalam daging.

Jangan lupa untuk cuci tangan menggunakan sabun sebelum dan juga sesudah memasak daging. Kalau tidak ada air dan sabun, kamu bisa menggunakan Antis Hand Sanitizer yang terbukti ampuh membunuh kuman dan bakteri yang menempel di tangan.

Email Print