Cara menjaga Kondisi Badan Ketika Ibadah haji
Jaga Kondisi Ketika Naik Haji

Musim haji 2017 M/1438 H, telah tiba. Sebagian dari para jamaah sudah diberangkatkan ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji. Seperti yang telah kita ketahui bahwa ibadah haji merupakan salah satu rukun bagi Umat Islam. Pelaksanaannya pun tidak main-main, kekhusyuan dalam menjalankan ibadah ini tentu menjadi perhatian para jamaah. Hal ini dikarenakan, ibadah haji tidaklah hanya bicara soal rohani saja, kesiapan jasmani juga diperlukan untuk menjaga kekhusyuan ibadah.

3 Tips Jaga Kesehatan Saat Naik Haji

Selain mempersiapkan perlengkapan, persiapan jasmani juga sangat lah penting. Kondisi jasmani yang sehat tentu mempengaruhi kekhusyuan ibadah haji. Hal ini juga yang kemudian terus menjadi perhatian pemerintah. Kesehatan tubuh para jamaah, kini juga dijadikan syarat sebelum waktu keberangkatan. Oleh karena itu berikut ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kondisi fisik kamu sebelum berangkat ke tanah suci.

  1. Lakukan Vaksinasi

    Melakukan vaksinasi sebelum berangkat ke tanah suci, tentu sangat penting untuk dilakukan. Hal ini mengingat cuaca yang sangat berbeda antara Indonesia dan Arab Saudi. Tubuh jamaah pun tentunya tidak bisa langsung beradaptasi dengan cuaca disana. Selain itu di tanah suci pastinya kamu akan bertemu dengan jutaan jammah dari negara lain, hal ini memungkinkan mudahnya penularan penyakit lho. Apalagi jika tubuh kamu sedang berada dalam kondisi yang lemah. Oleh karena itu melakukan vaksinasi sebelum berangkat haji perlu diprioritaskan.

  2. Olahraga Teratur

    Sesibuk apapun kamu dalam mempersiapkan keberangkatan, jangan sampai lupa untuk berolahraga. Olahraga sangat penting untuk menjaga kebugaran fisik kamu. Perlu kamu ketahui bahwa olahraga yang teratur akan berpengaruh pada metabolisme dan daya tahan tubuh kamu lho. Jangan lupa pula untuk tetap mengkonsumsi makanan sehat dan air putih yang banyak.

  3. Hindari Stress

    ada orang yang bilang, pikiran merupakan sumber dari segala penyakit. Hindari pikiran yang dapat membuat kamu stress saat menunggu waktu keberangkatan dan ketika berada disana. Stress dipercaya akan memberikan dampak negatif pada fisik maupun psikis kamu lho. Jadi, hindari pikiran yang dapat membuat kamu stress dan berusaha fokus dengan ibadah yang kamu lakukan.

  4. Konsultasi Dengan Dokter

    Apabila kamu memang memiliki riwayat penyakit, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter. Tanyakan apa yang sekiranya boleh dilakukan dan apa yang sekiranya perlu dihindari. Jangan lupa pula untuk membawa obat-obatan pribadi yang sekiranya sesuai dengan penyakit kamu. Tanyakan pula apakah ada kemungkinan kambuhnya penyakit kamu ketika berada di tanah suci. Jika iya, coba tanyakan cara mecegahnya dan bagaiman cara penanganannya. Sehingga pembimbing atau jammaah lain tidak panik ketika penyakit mu kambuh.

Itu dia beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kondisi fisik kamu ketika hendak dan saat kamu berada disana. Ibadah haji memerlukan kondisi fisik yang cukup fit agar jammah dapat menjalankannya. Sehingga kekhusyuan beribadah kamu tetap terjaga. Antis anti kuman juga siap untuk menemani ibadah haji kamu lho. Dengan cara yang praktis kamu bisa menjaga tangan mu tetap dalam kondisi higienis. Antis dapat membantu kamu untuk mencegah masuknya kuman dan bakteri!

Baca juga :Ajari Si Kecil Memilih Jajanan Sehat

Email Print