Jam Kantor VS Jam Fleksibel

Ada dua tipe jam kerja di perusahaan yang ada saat ini, yaitu jam kantor dan jam yang fleksibel. Salah satu hal yang diinginkan oleh pencari kerja adalah fleksibilitas peraturan perusahaan, dalam hal ini adalah jam kerja. Bahkan pertanyaan mengenai jam kerja ini pasti ditanyakan di awal interview pekerjaan.

Berbicara tentang jam kerja yang fleksibel mungkin adalah hal yang menyenangkan menurutmu. Namun ternyata ada keuntungan dan kerugian menerapkan jam kerja fleksibel, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

  1. Fleksibilitas dalam urusan pribadi

Karyawan dengan jam kerja yang fleksibel akan lebih mudah melakukan keperluan pribadi seperti bertemu teman, mengurus dokumen, mengantar anak dan lain sebagainya. Sementara di jam kantor, kamu dituntut untuk selalu meminta izin, itu pun jika disetujui.

  1. Menekan waktu dan biaya

Perjalanan ke kantor dan uang makan bisa lebih hemat dengan adanya sistem jam kerja yang fleksibel. Menghindari macet hingga makan pun bisa diatur sendiri oleh karyawan.

  1. Mengurangi stres

Duduk di kantor berjam-jam itu membosankan. Seringkali karyawan stres karena situasi yang dihadapinya terlalu monoton, apalagi karyawan harus menghadapi macet di jam yang sama setiap harinya. Hal ini akan berpengaruh juga ke kinerja karyawan dan juga hasil pekerjaannya.

  1. Komunikasi dan kerja sama yang kurang baik

Jam kerja yang fleksibel sebenarnya juga mengurangi keefektifan komunikasi dan kerja sama. Bayangkan saja, mengatur jadwal meeting dengan formasi yang lengkap akan terasa sulit. Belum lagi jika ada kebutuhan-kebutuhan mendadak yang sulit diselesaikan dengan whatsapp group.

  1. Tidak ada perbedaan lingkungan

Sebenarnya lingkungan kerja dan lingkungan rumah perlu dibedakan. Rumah adalah tempat kamu beristirahat, untuk itu jangan digunakan untuk bekerja meskipun remote. Suasana lingkungan pun mempengaruhi kinerja. Bekerja remote dengan lingkungan rumah akan membuat kamu lebih santai mengerjakan, sehingga bisa jadi hasil tidak semaksimal yang diharapkan. Selain itu, bisa juga kehidupan pribadi kamu terganggu dengan pengerjaan kerjaan di rumah.

Kita butuh menjaga kesehatan untuk bekerja, di mana pun itu. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan selalu membawa Antis Lucky Charm di mana pun kamu berada. Ingat, kuman ada di mana saja termasuk di keyboard, mouse, laptop dan lain-lain. Yuk bagikan artikel seru ini ke teman-teman kamu!

Email Print